Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik Self Control bagi Pengguna Narkoba dan Minuman Keras di Dusun Selorentek Kulon Kelurahan Karanganyar Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'ami, Alifia Nuzilu (2019) Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik Self Control bagi Pengguna Narkoba dan Minuman Keras di Dusun Selorentek Kulon Kelurahan Karanganyar Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifia Nuzilu Ni'ami_B93215095.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus pebelitian adalah (1) bagaimana proses pelaksanaan bimbingan dan konseling islam untuk meningkatkan self control pada pengguna narkoba dan minuma keras? (2) bagaimana hasil akhir pelaksaan bimbingan dan konseling islam untuk meningkatkan self control pada pengguna narkoba dan minuma keras? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa proses self control pada pengguna narkoba dan minuma keras yang digunakan adalah berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses teknik self control pada pengguna narkoba dan minuma keras melalui beberapa tahap, yakni; 1. Membuat persetujuan antara konselor dan konseli 2. Menentukan perilaku menyimpang yang sering terjadi pada konseli. 3. Membuat kesepakatan bersama antara konselor dan konseli 4. Memilih tingkah laku yang diubah dengan analisis modifikasi stimulus. 5. Menentukan data awal (baseline data ) dan kriteria tingkah laku yang akan diubah dan dicapai dalam self control. 6. Menentukan jenis penguatan. 7. Memberikan reinforcment 8. Memberikan penguatan Dalam penelitian ini, proses terapi dilakukan dengan menggunakan self control pada pengguna narkoba dan minuman keras. Dan hasil akhir dari proses konseling ini tergolong berhasil dengan karena dapat memenuhi tiga dari empat indikator keberhasilan. Hasil ini dapat dilihat melalui perubahan pada diri konseli kearah yang lebih baik serta mampu menghilangkan kebiasaannya yang suka mengkonsumsi narkoba dan minum-minuman keras.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'ami, Alifia Nuzilu13alifia@gmail.comB93215095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholilcholil11@gmail.com196506151993031005
Subjects: Bimbingan Konseling
Minuman Keras
Narkotika
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Teknik Self Control; Narkoba; Minuman Keras
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ni'ami Alifia Nuzilu
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:17
Last Modified: 12 Aug 2019 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34626

Actions (login required)

View Item View Item