PERAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Siti (2015) PERAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftra Pustaka.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Lingkungan pendidikan Islam adalah suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri ke islaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: pertama, bagaimana pengertian lingkungan pendidikan menurut ilmu pendidikan. kedua, bagaimana peran lingkungan pendidikan dalam pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan mengumpulkan data, menyajikan data, menganalisa data kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan lingkungan pendidikan Islam adalah suatu tempat yang memungkinnya perkembangan seseorang secara normal, sehingga mampu meningkatkan kualitas diri dan mengaktualisasikan diri berdasarkan ajaran-ajaran agama Islam. Peran lingkungan pendidikan dalam pendidikan Islam adalah: (1) Lingkungan keluarga,Keluarga sangat diperlukan pembentukannya sehingga ia mampu mendidik anak-anaknya sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Kemudian, orang tua harus menyadari pentingnya sekolah dalam mendidik anaknya secara profesional sehingga orang tua harus memilih pula sekolah yang baik dan turut berpartisipasi dalam peningkatan sekolah tersebut. (2) Lingkungan sekolah,Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, yang pada hakikatnya sebagai institusi yang menyandang amanah dari orang tua dan masyarakat, harus menyelenggarakan pendidikan yang profesional sesuai dengan prinsip-prinsip dan karakteristik pendidikan Islam. Sekolah harus mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan dan keahlian bagi peserta didiknya sesuai dengan kemampuan peserta didik itu sendiri. (3) Lingkungan masyarakat, Begitu pula, masyarakat dituntut perannya dalam menciptakan tatanan masyarakat yang nyaman dan peduli terhadap pendidikan. Masyarakat diharapkan terlibat aktif dalam peningkatan kualitas pendidikan yang ada di sekitarnya. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka diharapkan Kepada para anak didik pandai-pandailah dalam memilih teman dalam bergaul, sebab peranan teman sangat besar dalam pembentukan karakter manusia. Kepada orang tua hendaknya memberikan suri tauladan yang baik di dalam keluarga, tanamkan suasana yang harmonis dalam keluarga serta control pergaulan anak-anaknya sebab dalam keluargalah yang pertama kali pendidikan untuk si anak. Kepada para pendidik hendaknya selalu meningkatkan kualitas diri dalam mengajar dan mendidik serta perhatikan juga pergaulan anak didik yang menjadi asuhannya. Kepada pemerintah dan masyarakat luas hendaknya ciptakan suasana yang kondusif, aman, tentram, dan terkendali serta tingkatkan kualitas mutu pendidikan dan peringan biaya pendidikan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Peradilan Agama Islam
Keywords: Lingkungan Pendidikan; Pendidikan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:20
Last Modified: 18 Jan 2016 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item