Local wisdom dalam kitab karya KH. Muhammad Sholeh (studi terhadap kitab risalat khulq al-Kiram wa shifa’ al-‘ajsam)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Muhamad (2019) Local wisdom dalam kitab karya KH. Muhammad Sholeh (studi terhadap kitab risalat khulq al-Kiram wa shifa’ al-‘ajsam). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Huda_F52917266.pdf

Download (1MB)

Abstract

Studi karya para Ulama Nusantara di Indonesia menunjukkan dinamika yang signifikan. Penemuan unsur lokalitas (kearifan lokal) di masing- masing karya Ulama Nusantara menunjukkan bahwa aspek kepulauan Nusantara mempengaruhi karya intelektualnya. Tesis ini berjudul “Local Wisdom dalam Kitab Karya KH. Muhammad Sholeh (Studi Terhadap Kitab Risa>lat Khulq al-Kira>m Wa Shifa>’ al-Ajsa>m)”. Adapun fokus penelitian tesis ini adalah (1) Bagaimana biografi KH. Muhammad Sholeh? (2) Bagaimana isi kitab karya KH. Muhammad Sholeh Risa>lat Khulq al-Kira>m Wa Shifa>’ al-‘Ajsa>m? (3) Bagaimana local wisdom dalam kitab karya KH. Muhammad Sholeh Risa>lat Khulq al-Kira>m Wa Shifa>’ al-‘Ajsa>m? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat historis deskriptif analisis. penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan interview atau wawancara. Selanjutnya Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis yakni sebagai sebuah penelitian kepustakaan yang bersifat kualitatif dengan upaya menganalisa isi pesan yang terkandung dalam sumber-sumber tertulis secara objektif dan ilmiah, untuk menemukan makna dan arti dari pesan tersebut. Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) KH. Muhammad Sholeh lahir pada tanggal 20 pebruari 1902 M. Beliau dikenal sebagai seorang yang alim, tawadhu’ dan bersahaja serta terampil dan piawai dalam menulis kitab-kitab keagamaan. Beliau wafat pada tanggal 26 Juni 1992 M. (2) Kitab Risa>lat Khulq Al-Kira>m Wa Shifa>’ Al-‘Ajsa>m selesai ditulis pada tanggal 10 Dhulqo’dah 1406 Hijriah (1985 M). Dalam kitab ini KH. Muhammad Sholeh menjelaskan tentang sebagian dari beberapa budi pekerti luhur yang pada masa-masa ini tidak banyak diketahui dan diamalkan oleh masyarakat umum. Selain membahas tentang beberapa budi pekerti yang luhur seperti tersebut diatas, dalam kitab ini juga menjelaskan tentang tata cara suwuk (ruqyah shar’iyah) karena mulai tergerus oleh zaman, serta dalil hukum yang membolehkan dan mengharamkan melakukannya. (3) Kitab Risa>lat Khulq Al-Kira>m Wa Shifa>’ Al-‘Ajsa>m yang ditulis oleh KH. Muhammad Sholeh merupakan salah satu bentuk kearifan lokal atau local wisdom yang nyata dari penulisnya. Kearifan tersebut misalnya terlihat dari tampilan bahasa dan komunikasinya, di samping muatan gagasan yang tertuang dalam kitab tersebut. Pilihan KH. Muhammad Sholeh untuk menulis dengan menggunakan bahasa Jawa dan aksara Arab pegon bertujuan agar dapat dipahami masyarakat Jawa dan dapat dicerna oleh kalangan awam. Upaya memudahkan adalah visi literasi KH. Muhammad Sholeh. Selain itu didalam kitab ini juga membahas tentang local wisdom masyarakat setempat berupa suwuk. Hal itu memberi pengajaran pada masyarakat lokal dan para santrinya agar tetap menghormati, menjaga dan melestarikan tradisi baik yang sudah ada dan berkembang di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Muhamadhudamuhamad01@gmail.comF52917266
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Keywords: Local wisdom
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Huda Muhamad
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:53
Last Modified: 12 Aug 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item