Implementasi metode Tabarak di Mataba Al Furqon Desa Petung Panceng Gresik dan metode Talaqqi di KB-TK Al Furqon Al Islami Desa Srowo Sidayu Gresik: studi komparasi metode pembelajaran hafalan al Quran anak usia dini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maula, Rifdatul (2019) Implementasi metode Tabarak di Mataba Al Furqon Desa Petung Panceng Gresik dan metode Talaqqi di KB-TK Al Furqon Al Islami Desa Srowo Sidayu Gresik: studi komparasi metode pembelajaran hafalan al Quran anak usia dini. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifdatul Maula_F02317103.pdf

Download (11MB)

Abstract

Metode pembelajaran hafalan al Qur’an untuk anak usia dini sangatlah bermacam-macam. Mulai dari metode klasik seperti metode Talaqqi, atau juga metode kontemporer seperti metode Tabarak. Mengingat bahwa anak-anak yang masih berada pada rentang usia dini adalah masa dimana mereka belajar segala sesuatu yang hadir secara nyata didepanya. Semua kata, sikap, keadaan, dan kebiasaan yang ada disekitarnya akan mereka amati, dicatat dalam pikiran, kemudian akan ditirunya. Sehingga cara belajar yang utama bagi mereka adalah dengan adanya stimulus-stimulus indrawi yang diterima guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini fokus pada metode pembelajaran hafalan al Qur’an untuk anak usia dini di MATABA al Furqon desa Petung Panceng Gresik yang menggunakan metode kontemporer (metode Tabarak), dan di KB-TK al Furqon al Islami desa Srowo Sidayu Gresik yang menggunakan metode klasik (metode Talaqqi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum pembelajaran serta bagaimana implementasi metode Tabarak dan metode Talaqqi untuk pembelajaran hafalan al Qur’an anak usia dini di masing-masing lembaga tersebut. Begitu juga dengan faktor pendukung dan faktor penghambat bagi peserta didik dalam pembelajaranya. Sehingga dapat diketahui bagaimana perbandingan keberhasilan implementasi kedua metode tersebut untuk pembelajaran hafalan al Qur’an anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan analisis data. Hasil penelitian baik di MATABA al Furqon desa Petung Panceng Gresik maupun di KB-TK al Furqon al Islami desa Srowo Sidayu Gresik mencakup tentang tujuan kurikulum, materi kurikulum, strategi kurikulum, syarat raw input, target hafalan al Qur’an, bahan ajar, implementasi metode, output pembelajaran, evaluasi pembelajaran, serta faktor pendukung, dan faktor penghambat pembelajaran. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode Tabarak merupakan metode yang lebih efektif digunakan untuk membimbing anak usia dini dalam menghafal al Qur’an daripada metode Talaqqi. Hal tersebut berdasarkan output hafalan yang didapat di MATABA al Furqon lebih banyak dari pada output hafalan di KB-TK al Furqon al Islami. Terlebih karena metode Tabarak adalah metode yang memanfaatkan media elektronik dalam setiap proses pembelajaranya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maula, Rifdatulrifdatulmaula23@gmail.comF02317103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com196512241997031001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maula Rifdatul
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:13
Last Modified: 12 Aug 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34645

Actions (login required)

View Item View Item