Bimbingan dan Konseling Islam Menggunakan Terapi Shalat Bahagia dalam Menangani Remaja yang Kecanduan Game Online Mobile Legend: Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lusiana, Silviasari (2019) Bimbingan dan Konseling Islam Menggunakan Terapi Shalat Bahagia dalam Menangani Remaja yang Kecanduan Game Online Mobile Legend: Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silviasari Lusiana_B93215086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Menggunakan Terapi Shalat Bahagia dalam Menangani Remaja yang Kecanduan Game Online Mobile Legend (Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Bina Bangsa Surabaya)? 2) Bagaimana hasil akhir pelaksaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Menggunakan Terapi Shalat Bahagia dalam Menangani Remaja yang Kecanduan Game Online Mobile Legend (Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Bina Bangsa Surabaya)? Untuk menjawab permasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data. Serta menggunakan analisis deskriptif komparatif dalam menganalisa hasil akhir diri pelaksaan terapi Shalat Bahagia untuk menangani studi kasus remaja yang kecanduan game online. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses Terapi Shalat Bahagia dalam menangani remaja yang kecanduan game online dilakukan melalui 3 tahapan, yakni 1) terapi sahalat bahagia dengan langkah yaitu Konselor yang diiringi dengan fasilitator terapi shalat bahagia memberikan penjelasan renungan kepada konseli tentang poin-poin terapi shalat bahagia, Shalat Bahagia dilakukan konselor bersama-sama dengan fasilitator, Melihat dan mengamati konselor yang melakukan terapi shalat bahagia secara individu, 2.) memberi home work berupa amalan istighfar dan dzikir terutama setelah shalat atau ketika waktu kosong. Hasil dari penerapan konseling ini yaitu agar konseli sadar akan kesalahn- kesalahannya dan meminta ampunan kepada Allah karena kekhilafannya melalaikan perintah Allah SWT hanya demi bermain game online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lusiana, Silviasarisilvialusiana97@gmail.comB93215086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, SriUNSPECIFIED19590205198603202004
Subjects: Bimbingan Konseling
Dokumen - Pemalsuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lusiana Silviasari
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:47
Last Modified: 12 Aug 2019 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item View Item