Analisis hukum Islam terhadap sistem insentif Berlian antara pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahbani, Rochima Nur (2019) Analisis hukum Islam terhadap sistem insentif Berlian antara pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rochima Nur Syahbani_C02215062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Insentif Berlian Antara Pengelola Dengan Mitra Pengemudi Grab Di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana sistem insentif Berlian yang diterapkan antara pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya ? (2) Bagaimana analisa Hukum Islam terhadap sistem insentif Berlian yang diterapkan antara pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya? Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif analitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara beserta dokumentasi secara langsung yakni dengan cara mengumpulkan data dan melakukan pengamatan beserta pencatatan secara sistematis terhadap subyek penelitian. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu dengan menjelaskan terlebih dahulu berbagai hal mengenai konsep akad Ju`a>lah dan penerapan akad Ju`alah dalam sistem insentif Berlian antara mitra pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya., Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penerapan sistem insentif Berlian antara mitra pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya didasarkan pada jumlah Berlian yang diterima oleh mitra pengemudi Grab dan ditukarkan dengan insentif berupa uang. (2) Penerapan sistem insentif Berlian antara mitra pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya sah menurut rukun dan syarat jual beli dalam hukum Islam yaitu upah atau hadiah yang dijanjikan, hanyalah diterima orang yang sanggup mewujudkan hasil pekerjaan dengan sempurna, bonus yang dijanjikan tidak termasuk ke dalam yang diharamkan, dan bonus yang dipaparkan jelas. Dari kesimpulan di atas penulis dapat memberikan saran untuk Pihak pengelola diharapkan memperbaiki sistematika perhitungan dalam sistem insentif Berlian, agar dapat lebih menguntungkan bagi para mitra pengemudinya tanpa merugikan pihak pengelola. Mengingat, semakin banyak bonus yang diterima maka para mitra pengemudi semakin rajin bekerja. Akan tetapi, dalam penerapan sistem insentif Berlian antara mitra pengelola dengan mitra pengemudi Grab di Surabaya untuk lebih memperhitungkan dengan baik dalam pembulatan berlian agar tidak ada yang merasa dirugikan karena banyaknya pengemudi Grab yang perempuan atau yang sudah berusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahbani, Rochima Nurrochimanurs@gmail.comC02215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com198004102005011004
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; sistem insentif; insentif Berlian; pengemudi Grab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahbani Rochima Nur
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:02
Last Modified: 09 Oct 2019 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34669

Actions (login required)

View Item View Item