Strategi Program Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (Koin Nu) di Lazisnu Porong Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazila, Intan (2019) Strategi Program Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (Koin Nu) di Lazisnu Porong Kabupaten Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Putri Nazila_F02417121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian yakni mengenai strategi pelaksanaan program gerakan Kotak Infak Nahdlatul Ulama (KOIN NU) di LAZISNU Porong Kabupaten Sidoarjo, sistem pelaksanaannya, faktor pendukung, serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelaksanaan program gerakan Kotak Infak Nahdlatul Ulama (KOIN NU) di LAZISNU Porong Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena berfokus pada pengamatan mengenai perilaku manusia Selain itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Adapun hasil penelitian ini adalah strategi pelaksanaan program Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU) di LAZISNU Porong Kabupaten Sidoarjo dilakukan dengan cara melakukan perumusan SOP, membentuk kordinator wilayah, fundraising, studi banding, pembukuan yang jelas dan transparan, inovasi dan evaluasi. Adapun sistem pelaksanaannya dibagi menjadi tiga bagian yakni sistem penghimpunan dana, sistem pengelolaan dana, dan sistem pendistribusian dana. Faktor pendukung gerakan KOIN NU adalah adanya manajemen sumber daya yang baik, manajemen pelaksanaan program yang baik, dan antusiasme masyarakat yang tinggi. Sedangkan Hambatan-hambatan yang dihadapi saat pelaksanaan program Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU) di LAZISNU Porong Kabupaten Sidoarjo adalah kurangnya sumber daya manusia dan terjadinya masalah internal di tubuh organisasi. Adapun saran-saran bagi Gerakan KOIN NU di LAZISNU daerah lain adalah: 1) membentuk pengurus Gerakan KOIN NU yang berdedikasi tinggi dan bersedia untuk terjun langsung ke lapangan untuk menyebarkan kaleng KOIN NU dan mengumpulkan hasil infaq warga secara rutin. Hal ini harus dilakukan karena bagaimanapun juga, kunci keberhasilan penghimpunan dana Gerakan KOIN NU terletak pada proses penyebaran kaleng KOIN NU dan pengumpulan dana infaq setiap bulan; 2) melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program Gerakan KOIN NU; dan 3) melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program Gerakan KOIN NU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazila, Intanintanputrinazila@gmail.comF02417121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Amil Zakat
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nazila Intan Putri
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:52
Last Modified: 12 Aug 2019 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34676

Actions (login required)

View Item View Item