Pengembangan Media Permainan Monopoli Ekspresi Berbasis Nilai-nilai Islami untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa-siswi Mts Ihyaul Islam Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Abror, Ahmad Dlimam (2019) Pengembangan Media Permainan Monopoli Ekspresi Berbasis Nilai-nilai Islami untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa-siswi Mts Ihyaul Islam Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Dlimam Al Abror_B53215042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana memenuhi kriteria keberterimaan (kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan) untuk meningkatkan sikap asertif. (2) Bagaimana hasil pelaksanaan dari media permainan monopoli ekspresi berbasis nilai-nilai islami untuk meningkatkan sikap asertif pada siswa di MTs Ihyaul Islam Gresik. Dalam menjawab penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dengan mengkolaborasikan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari catatan lembar identitas siswa dan observasi lapangan serta hasil wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui skala penilaian tim uji ahli. Proses pengembangan produk yang dilakukan oleh peneliti disesuaikan dengan saran dan masukan dari tim uji ahli. Sehingga mengahasilkan produk permainan monopoli ekspresi yang cocok dan sesuai untuk membantu dalam meningkatkan sikap asertif pada siswa. Sedangkan proses penerapan permainan monopoli ekspresi disesuaikan dengan jam pelajaran subyek. Sehingga proses permainan monopoli ekspresi ini dapat dikatakan cukup efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan sikap asertif yang kurang. Adapun proses permainan monopoli ekspresi berbasis nilai-nilai islami untuk meningkatkan sikap asertif pada siswa siswi MTs Ihyaul Islam Gresik dalam penelitian ini dikategorikan sangat tepat. Hal ini didapatkan berdasarkan data tim uji ahli diperoleh hasil akhir sebesar 89,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Abror, Ahmad Dlimamahmaddlimam1234@gmail.comB53215042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hana, RudyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Media
Keywords: Permainan Monopoli; Ekspresi; Sikap Asertif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Al Abror Ahmad Dlimam
Date Deposited: 13 Aug 2019 05:02
Last Modified: 13 Aug 2019 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34684

Actions (login required)

View Item View Item