Gerakan Salafi Di Perumahan Istana Candi Mas Regency Ngampelsari Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sufi, Naroswari Sabrina (2019) Gerakan Salafi Di Perumahan Istana Candi Mas Regency Ngampelsari Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naroswari Sabrina Sufi_E02215018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Gerakan Salafi di Perumahan Istana Candi Mas Regency. Inti Latar Belakang adalah gerakan salafi muncul karena rata-rata warga di perumahan ini kurang akan keislamannya sehingga mudah dipengaruhi oleh orang yang baru dikenal dan membawa ajaran keislaman yang radikal. Secara keseluruhan umat islam salafi mengklaim dirinya sendiri dengan salafush sholih sebagai dasar keagamaannya. Rumusan masalah terdiri Sejarah, Aktifitas, Respon. Yang kedua tentang cara meneliti dari segi tempat; TPQ An-Nur, waktu; 16.00 sampai dengan 17.00 WIB. Pengumpulan data, wawancara, dokumentasi, dan informan; ada delapan orang. Temuan terbaru, di antaranya terdapat aktivitas dakwah yang dilakukan gerakan salafi, seperti mengaji, hafalan, beradzan, bersedekah, mengikuti adzan. Juga respon dari masyarakat seperti kepala desa ngampelsari mengatakan jika gerakan itu tidak membahayakan bagi masyarakat sekitar, maka diperbolehkan adanya paham keagamaan tersebut. Kajian Teori yang digunakan yaitu potret salafi sejati, salafi bukan mazhab tetapi fase sejarah dan anatomi konflik dakwah salafi di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yakni pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis dimana peneliti melakukan wawancara secara langsung terhadap subjek yang diteliti dan menjelaskan secara sederhana dari data-data yang diperoleh. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa dengan berjalannya waktu atas perdebatan sederhana yang pernah terjadi, antara nadliyin dengan salafi dapat reda dengan saling bermaaf-maafan ketika gerakan keagamaan yang berbeda-beda dapat diminimalisir dengan toleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sufi, Naroswari Sabrinabarnaapasenroz@gmail.comE02215018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, Kunawikunawi.fu@yahoo.co.id196409181992031002
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@uinsby.ac.id197205182000031001
Subjects: Tasawuf
Keywords: Salafi; Islam; Gerakan Keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sufi Naroswari Sabrina
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:33
Last Modified: 12 Aug 2019 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34693

Actions (login required)

View Item View Item