Implementasi metode Takrōr Al Manhajy dalam meningkatkan kualitas hafalan Quran siswa: studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Forum Pembinaan Umat Lamongan dan di Lembaga Pendidikan Tahfidz Al Qurān Indonesia Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arum, Regah Puspita (2019) Implementasi metode Takrōr Al Manhajy dalam meningkatkan kualitas hafalan Quran siswa: studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Forum Pembinaan Umat Lamongan dan di Lembaga Pendidikan Tahfidz Al Qurān Indonesia Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Regah Puspita Arum_F02317102.pdf

Download (5MB)

Abstract

Umat Islam sebagai umat yang dianugerahkan Tuhan suatu Kitab Suci yang lengkap dengan segala petunjuk yang meliputi seluruh aspek kehidupan dan universal, sudah tentu dasar pendidikan mereka bersumber kepada falsafah hidup yang berdasarkan kepada al-Qur’ān. Untuk menjaga al-Qur’ān maka salah satu caranya adalah dengan cara menghafalnya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode takrōr al-manhajy di Lembaga Kesejahteraan Anak Forum Pembinaan Umat Lamongan dan di Lembaga Pendidikan Tahfidz Al-Quran Indonesia Cabang Lamongan (2) Bagaimana dampak penerapan metode takrōr al-manhajy terhadap kualitas hafalan al-Qur’ān bagi siswa di Lembaga Kesejahteraan Anak Forum Pembinaan Umat Lamongan dan di Lembaga Pendidikan Tahfidz Al-Quran Indonesia Cabang Lamongan? dan (3) Apakah faktor penghambat dan pendukung penerapan metode takrōr al-manhajy di Lembaga Kesejahteraan Anak Forum Pembinaan Umat Lamongan dan di Lembaga Pendidikan Tahfidz Al-Quran Indonesia Cabang Lamongan. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui proses penggalian data dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan metode deskriptif-kualitatif. Sedangkan untuk pengechekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Implementasi metode takrōr al-manhajy meliputi persiapan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan dari LKSA yaitu menyiapkan mental dari anak-anak binaan dan media tahfiz. Di LPTQ Indonesia menyiapkan niat dan kesungguhan, menyiapkan media tahfiz dan ada tes awal guna pemetaan kompetensi dasar yang dimiliki siswa. Dalam segi pengorganisasian kedua lembaga tersebut dilaksanakan oleh para guru yang kompeten. Dari segi pelaksanaan kedua lembaga tersebut sama dengan melalui empat tahap, yaitu rehearsal, organization, imagery, dan retrieval. Kemudian dalam segi evaluasi dalam bentuk setoran dan murajaah kepada ustadz atau pengasuh, tes lisan dan munaqasah akhir tahun (2) Dampak pelaksanaan takrōr al-manhajy secara umum menjadikan anak-anak giat belajar agama dan menjadikan anak-anak tidak takut untuk belajar al-Qur’ān. Dampak pada kualitas hafalan yakni menjadikan siswa bisa bisa lebih kuat hafalannya dan mudah untuk membedakan ayat-ayat yang mirip. Dan bacaan mereka bisa sesuai dengan ilmu tajwid, makharijul huruf dan fasih dalam melafalkan ayat al-Quran. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode takrōr al-manhajy adalah dinternal anak-anak berupa antusias menghafal, dukungan penuh guru dan pengasuh, kemudahan penggunaan metode, legalitas lembaga, dukungan adanya peraturan bupati, dan kelengkapan media tahfiz. Sedangkan faktor penghambat adalah latar belakang anak yang berbeda-beda, kurangnya dana, kedisiplinan, dan kekurangan tenaga pendidik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arum, Regah Puspitaregah.puspita23@gmail.comF02317102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, JunaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arum Regah Puspita
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:16
Last Modified: 13 Aug 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34704

Actions (login required)

View Item View Item