Implementasi program inklusi keuangan dalam meningkatkan kesejahteraan pengusaha kecil pada KSPPS BMT Amanah Ummah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurnia M., Eva Yuni (2019) Implementasi program inklusi keuangan dalam meningkatkan kesejahteraan pengusaha kecil pada KSPPS BMT Amanah Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Yuni Kurnia M_G04215009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Program Inklusi Keuangan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pengusaha Kecil pada KSPSS BMT Amanah Ummah Surabaya.” bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yakni : bagaimana peran inklusi keuangan terhadap para pengusaha kecil anggota KSPPS BMT Amanah Ummah Surabaya dan bagaimana dampak inklusi keuangan terhadap peningkatan kesejahteraan para pengusaha kecil anggota KSPPS Amanah Ummah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode purposeful sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara baik di kantor maupun diluar kantor, menggunakan teknik wawancara terstruktur dengan staff dan 30 anggota KSPPS BMT Amanah Ummah, serta dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisa untuk menjawab rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, adanya kemudahan dalam mengakses ke KSPPS BMT Amanah Ummah, lokasi mudah dijangkau, kualitas produk yang digunakan masih umum dan pengetahuan mengenai produk keuangan masih kurang. Pelayanan ramah dengan menggunakan sistem pick up sehingga memudahkan anggota yang memiliki kesibukan. Program pelatihan forum bisnis masih belum maksimal. KSPPS BMT Amanah Ummah Surabaya memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan pengajuan pembiayaan, lokasi yang dapat dijangkau, akses juga dapat melalui via aplikasi amanah ummah mobile, pelayanan yang ramah dengan layanan pick up. Adapun dampak peran inklusi keuangan terhadap kesejahteraan pengusaha kecil yakni: pendapatan, pendidikan, dan kesehatan yang terlihat perubahannya. Sejalan dengan kesimpulan diatas, saran yang dapat menjadi masukan bagi tim KSPPS BMT Amanah Ummah diperlukan edukasi mengenai pengetahuan produk, juga perlu diadakan pelatihan dalam membina atau mendampingi usaha kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurnia M., Eva Yunievakurnia43@gmail.comG04215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.com197608132006042002
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kurnia M Eva Yuni
Date Deposited: 12 Aug 2019 09:07
Last Modified: 12 Aug 2019 09:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34714

Actions (login required)

View Item View Item