Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Konstruksi Pendidikan Profetik (Studi di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Citra Putri (2019) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Konstruksi Pendidikan Profetik (Studi di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
CITRA PUTRI SARI_F52317068.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis praktek konstruksi pendidikan profetik di lembaga pendidikan sehingga dapat membentuk karakter peserta didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pencarian data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam analisa dan interpretasi data, peneliti menggunakan model miles dan huberman yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan profetik di madrasah Muallimin Muallimat tercermin dari tujuh komponen pendidikan, yaitu komponen pendidik profetik, tujuan profetik, materi pendidikan profetik, peserta didik profetik, metode profetik, media profetik dan evaluasi pendidikan profetik. Proses pendidikan karakter dimadrasah ini dibentuk melalui penanaman dan pemodelan dengan konstruksi pendidikan profetik. Maksudnya yaitu penanaman nilai dalam proses pembelajaran serta keteladanan dari setiap komponen pendidik. Sehingga terbentuklah karakter yang kuat dari peserta didik. Adapun pendidikan profetik di madrasah ini didasari oleh budaya yang telah dapat membentuk karakter yang melekat dan menjadi identitas madrasah. Dampak pendidikan profetik tersebut menghasilkan 6 karakter, yaitu tanggungjawab, tekun, berani, integritas dan disiplin.Dari implementasi pendidikan profetik di madrasah, terdapat faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukung adalah amanah besar dari pendiri, proses seleksi yang diutamakan kepada alumni untuk menjaga budaya, evaluasi yang didasarkan pada nilai autentik serta keteladanan dari para pendidik. Adapun faktor penghambatnya yaitu tuntutan dari kemenag yang terkadang bersebrangan dengan identitas pendidikan yang telah menjadi ciri tersendiri madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Citra Putrialcitraputri@gmail.comF52317068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sari Citra Putri
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:09
Last Modified: 28 Nov 2023 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34718

Actions (login required)

View Item View Item