Analisis Sistem Waralaba (Franchise) pada sektor makanan menurut Prinsip Ekonomi Islam: studi kasus Waralaba Sego Njamoer Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiq Farin, Laila (2019) Analisis Sistem Waralaba (Franchise) pada sektor makanan menurut Prinsip Ekonomi Islam: studi kasus Waralaba Sego Njamoer Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LAILA ISTIQFARIN_G94214143 WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Sistem Waralaba (Franchise) Pada Sektor Makanan Menurut Prinsip Ekonomi Islam (Studi Kasus Waralaba Sego Njamoer Surabaya” merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola kemitraan dan waralaba yang diterapkan pada Sego Njamoer Surabaya serta bagaimana prinsip Ekonomi Islam yang terdapat didalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus diambil dengan cara wawancara pihak internal Sego Njamoer Surabaya dan franchisee, observasi, maupun dokmentasi pada objek yang sedang diteliti. Hasil penelitian ditemukan bahwa sistem waralaba yang dianut adalah waralaba format bisnis dimana pihak franchisor dan franchisee melakukan kerjasama terkait logo, merek dagang dan sistem yang ada didalamnya dengan jenis kerjasama atau syirkah jenis syirkah inan. Syirkah inan berarti kerjasama antara dua pihak yang mana kedua nya sama sama mengeluarkan modal dengan proporsi yang berbeda dan keuntungannya dibagi menurut kesepakatan. Alur – alur yang terdapat pada proses waralaba Sego Njamoer Surabaya sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Dalam penelitian ini disarankan bahwa pihak franchisor dapat mempertahankan pola franchise yang ada sekarang dan menambahkan lebih banyak produk olahan jamur yang lain karena melihat animo masyarakat yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiq Farin, Lailalailaistiqf07@gmail.comG94214143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: franchise; syirkah; ekonomi Islam;
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Farin Laila Istiq
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:36
Last Modified: 13 Aug 2019 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34720

Actions (login required)

View Item View Item