تطوير الموادّ التّعليميّة اللغة العربية لتنمية المهارات اللّغويّة لطلاّب الفصل السابع بالمدرسة سونن غيري المتوسطة الإسلامية وُوْنُوْسَارِيْ لُوْرْ سورابايا على طريقة النظرية “بيرغ و غال ”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Anis Nur (2019) تطوير الموادّ التّعليميّة اللغة العربية لتنمية المهارات اللّغويّة لطلاّب الفصل السابع بالمدرسة سونن غيري المتوسطة الإسلامية وُوْنُوْسَارِيْ لُوْرْ سورابايا على طريقة النظرية “بيرغ و غال ”. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Nur Laili_F52617193.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan Bahasa pada siswa kelas tujuh Madrasah Tsanawiyyah Sunan Giri Surabaya. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campunan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah : (1) Obsevasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi ( 4) Tes. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan teori Borg and Gall yang divalidasi dua ahli materi, hasil validasi menunjukkan nilai ( 78,5) dengan katagori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan materi ajar Bahasa Arab terbukti efektif hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus Ttest yang menunjukkan bahwa Thitung lebih kecil dari Ttabel dengan nilai negatif (-22,372<-2,056) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan signifikasi probabilitas data lebih kecil dari derajat alfa (kesalahan) yaitu 0,00<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penggunaan buku ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan Bahasa siswa kelas tujuh Madrasah Tsanawiyyah Sunan Giri Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Anis Nurnisfullaili.123@gmail.comF52617193
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, Eninisfullaili.123@gmail.com196512211990022001
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Buku
Keywords: Bahan Ajar; Keterampilan Bahasa; Borg and Gall
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Laili Anis Nur
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:38
Last Modified: 13 Aug 2019 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34721

Actions (login required)

View Item View Item