Pesan moral dalam film Dilan 1990: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Indi Latifatur (2019) Pesan moral dalam film Dilan 1990: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indi Latifatur Rosyida_B91215090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia hiburan (entertainment) berkembang dengan pesat, seperti halnya dengan film, film merupakan hiburan yang selalu diminati masyarakat. Fungsinya yang mudah dijangkau oleh Masyarakat luas, film juga bisa menjadi nilai komersil tinggi. Salah satunya seperti film Dilan 1990 yang booming pada tahun 2018 dan telah disaksikan 6.4 juta penonton. Film ini menceritakan tentang pergaulan dan masa percintaan anak SMA. Film ini disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq. Adapun rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apa pesan moral yang terkandung dalam film Dilan 1990. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah ingin menemukan pesan moral apa saja yang terkandung dalam film Dilan 1990. Dalam menjawab rumusan masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis analisis semiotic model Roland Barthes. Penelitian ini menemukan temuan sebagai berikut: (1) mentaati peraturan sekolah, (2) berpakaian rapi saat ke sekolah, (3) tata krama saat bertamu, (4) tidak berkata kasar pada teman sebaya, (5) sopan santun terhadap orang yang lebih tua, (6) menjenguk orang sakit, (7) mempunyai tingkah laku yang baik dan pentingnya untuk menjaga sebuah pertemanan atau pergaulan. Untuk peneli selanjutnya, harapannya supaya mampu mengembangkan penelitian ini dari sisi yang lain, seperti meneliti tentang pengaruh dan respon film Dilan 1990. Agar penelitian ini dapat lebih berkembang dan mendapatkan hasil yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Indi Latifaturindilatif12@gmail.comB91215090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com196912192009011002
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Moral; Film; Analisis Semiotik Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rosyida Indi Latifatur
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:35
Last Modified: 15 Aug 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34734

Actions (login required)

View Item View Item