Pesan moral dalam lirik lagu Beyond The Scene (BTS): studi analisis semiotika Roland R. Barthes dalam album love yourself: tear

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitroh, Dinda Resti Masrifatul (2019) Pesan moral dalam lirik lagu Beyond The Scene (BTS): studi analisis semiotika Roland R. Barthes dalam album love yourself: tear. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Resti Masrifatul Fitroh_B06215012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat satu persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu mengenai bagaimana petanda, penanda dan makna pesan moral yang terdapat dalam lirik lagu pada album musik BTS Love Yourself: Tear. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode paradigma kritis dengan jenis penelitian analisis isi model Roland R. Barthes yang berguna memberikan fakta dan data mengenai lirik lagu yang ada dalam album BTS Love Yourself: Tear, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Roland R. Barthes, sehingga diperoleh makna pesan moral dalam lirik lagu di album tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa didalam lirik lagu BTS di album Love Yourself: Tear terdapat penanda dan petanda tentang pesan moral. Lirik-lirik tersebut mengandung sebuah makna yang mencerminkan berbagai pesan moral dalam satu album. Terdapat 3 aspek pesan moral dalam lirik lagu BTS di album Love Yourself: Tear. Diantaranya merupakan pesan moral sosial yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, pesan moral dari segi kebiasaan datang dari diri sendiri dan pesan moral dari aspek keagamaan. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas lirik untuk sebuah album musik adalah perlu dipikirkan lagi aspek-aspek pesan yang ingin disampaikan sehingga pesan akan sampai kepada pendengar dengan efektif Serta kesinambungan antara lirik lagu dengan tema lagu maupun keseluruhan tema album lebih diperhatikan agar tercipta album yang bernilai baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitroh, Dinda Resti Masrifatuldiendaresti@gmail.comB06215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com197106021998031001
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Pesan Moral; Lirik Lagu; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fitroh Dinda Resti Masrifatul
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:39
Last Modified: 13 Aug 2019 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34764

Actions (login required)

View Item View Item