Perilaku Pedagang Pasar Tradisional di Pasar 17 Agustus Kabupaten Pamekasan: Studi Perspektif Etika Bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakur, Sakur (2019) Perilaku Pedagang Pasar Tradisional di Pasar 17 Agustus Kabupaten Pamekasan: Studi Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sakur_F02417144.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pasar tradisional merupakan pasar yang identik dengan pasar yang ketertibannya kurang terjaga sehingga terjadi pasar tumpah yang berdampak pada persaingan yang kurang sehat, tidak adanya perlindungan hukum, terjadi kemacetan, pasar tampak kotor dan kumuh, serta rawan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana perilaku pedagang pasar tradisional dalam menjaga ketertiban di pasar 17 Agustus Pamekasan?. Kedua, Bagaimana upaya pemerintah dalam menyikapi perilaku pedagang pasar tradisional dalam menjaga ketertiban di pasar 17 Agustus Pamekasan?. Ketiga, Bagaimana persepektif etika bisnis islam pada perilaku pedagang pasar tradisional dalam menjaga ketertiban di pasar 17 Agustus Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan peningkatan ketekunan, bahan referensi dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama : Perilaku pedagang pasar tradisional di pasar 17 Agustus dalam menjaga ketertiban masih kurang peduli, sering melanggar dan bandel, Kedua : Upaya pemerintah dalam menyikapi perilaku pedagang pasar 17 Agustus sudah bagus akan tetapi dalam pelaksanaannya masih kurang, ketiga : Menurut Persepektif etika bisnis islam pada perilaku pedagang pasar tradisional dalam menjaga ketertiban di pasar 17 Agustus Pamekasan dari segi prinsip tauhid, prinsip keseimbangan (keadilan/ Equilibrium), Prinsip kehendak bebas (ikhtiar/free will), Prinsip bertanggung jawab (responsibility) dan Prinsip kebajikan (Ihsan) masih belum sepenuhnya terimplementasi dengan baik oleh para pedagang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakur, SakurF.Abdy.Js2@gmail.comF02417144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ali-196212141993031002
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Perilaku
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sakur Sakur
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:21
Last Modified: 13 Aug 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34778

Actions (login required)

View Item View Item