Strategi Fundraising Zakat Infaq Shadaqah di LAZISNU dan LAZISMU Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafiqi, Iqbal (2019) Strategi Fundraising Zakat Infaq Shadaqah di LAZISNU dan LAZISMU Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqbal Rafiqi_F02417122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada periode Mei-Agustus tahun 2018 jumlah penerimaan LAZISNU Kabupaten Pamekasan sangat besar yaitu sebesar Rp. 979.154.185,00 sedangkan di LAZISMU Kabupaten Pamekasan sebesar Rp. 67.624.888,00 ditambah lagi pada tahun 2018 LAZISMU mendapat penghargaan BAZNAS Award 2018 sebagai kategori LAZNAS dengan pertumbuhan penghimpunan dana terbaik. Hal itu yang mendasari peneliti untuk menkaji lebih mendalam dalam bentuk karya ilmiah berupa tesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan formulasi strategi fundraising, implementasi strategi fundraising serta faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi fundraising Zakat Infaq Shadaqah di LAZISNU dan LAZISMU Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah badan pengurus, manajer, pengurus LAZ dan fundraising staff. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, Triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan membercheck. Hasil temuan penelitian ini yaitu: 1) Formulasi strategi fundraising zakat infaq shadaqah LAZISNU dan LAZISMU Kabupaten Pamekasan mengikuti formulasi dari Pimpinan Pusat masing-masing lembaga LAZ ditambah dengan formulasi strategi yang sesuai dengan sosial ekonomi daera Pamekasan. Perbedaanya jika di LAZISNU menekankan pada relasi dan kerjasama sedangkan di LAZISMU penguatan kualitas SDM menjadi awal strategi fundraising diteruskan dengan modifikasi program-program, optimalisasi layanan dan evaluasi kinerja. 2) Implementasi strategi fundraising zakat infaq shadaqah di LAZISNU Kabupaten Pamekasan dilakukan bekerjasama dengan organisasi lain dibawah naungan NU, Alfamart seluruh Pemekasan, toko-toko, koin NU, donator, hasil panen padi, NU-Cash dan melalui rekening LAZISNU di Bank BRI dan BMT NU Mandiri. Sedangkan di LAZISMU Kabupaten Pamekasan dilakukan pada penarikan lansung dana muzakki, donatur, kaleng koin, kotak koin, majalah, brosur serta memaksimalkan Aplikasi copling BMT Sang Surya dan layanan SMS notifikasi dan transfer ke rekening BSM LAZISMU. 3) Faktor-faktor pendukung di LAZISNU adalah Kuatnya komonikasi, relasi serta adanya progress investasi strategi masa depan lewat NU-Cash walau belum maksimal, sedangkat faktor pengambatnya kurangnya konsistensi pengelolaan dan kurang maksimalnya beberapa strategi. Sedangkan di LAZISMU faktor-faktor pendukungnya terletak pada faktor penguatan kualitas SDM, program-program optimal dan sudah banyak pengguna aplikasi copling BMT Sang Surya. Sedangkan belum adanya nama-nama calon muzakki secara jelas yang menjadi target fundraiser merupakan salah satu faktor penghambat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafiqi, Iqbaliqbalrafiqy96@gmail.comF02417122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Keywords: Zakat Infaq Shadaqah; LAZISNU; LAZISMU
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rafiqi Iqbal
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:39
Last Modified: 13 Aug 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34780

Actions (login required)

View Item View Item