Bibliokonseling Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Seorang Siswi Di MTs Miftahul Ulum Baturetno Singosari Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Madihah, Madihah (2019) Bibliokonseling Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Seorang Siswi Di MTs Miftahul Ulum Baturetno Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Madihah_B53215051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerapan Bibliokonseling sebagai upaya meningkatkan Efikasi Diri Akademik seorang Siswi di Mts Miftahul Ulum?, 2) Bagaimana hasil penerapan Bibliokonseling untuk meningkatkan Efikasi Diri Akademik seorang Siswi di MTs Miftahul Ulum? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif komparatif, yaitu peneliti membandingkan kondisi subjek penelitian dari sebelum dan sesudah proses konseling menggunakan Bibliokonseling sebagai upaya meningkatkan Efikasi Diri Akademik. Adapun subjek penelitiannya adalah seorang siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum, Desa Baturetno, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Proses konseling menggunakan tahapan umum prosedur konseling, yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan follow up. Adapun pada tahap treatment menggunakan teknik kelola-minimal dan kelola-terapis. Peneliti menggunakan ringkasan novel dan cerpen melalui tahapan pemberian motivasi, memberikan waktu untuk membaca, merefleksi bacaan dan diskusi bacaan. Hasil penelitian berdasarkan penyajian data dan analisis data dapat disimpukan bahwa Bibliokonseling berhasil meningkatkan Efikasi Diri Akademik seorang Siswi di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum, yaitu subjek penelitian semakin bertambah penilaian dirinya terhadap kemampuan menghadapi mata pelajaran di sekolah, subjek sudah mulai bertahan lebih lama dan pantang menyerah saat mengerjakan soal-soal yang dianggap sulit, dan efikasi dirinya meningkat sehingga bisa menghadapi pelajaran dengan usaha dan keyakinan bahwa dirinya bisa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Madihah, Madihahdihadicha@gmail.comB53215051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, CholilUNSPECIFIED196506151993031005
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bibliokonseling; Efikasi diri Akademik; Siswi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Madihah Madihah
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:47
Last Modified: 13 Aug 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34781

Actions (login required)

View Item View Item