Pengorganisasian Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Banjir melalui Kelompok Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujahidin, Moh. Iqbal (2019) Pengorganisasian Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Banjir melalui Kelompok Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Iqbal Mujahidin_B92215054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kurangnya kesadaran masyarakat terhadap mitigasi bencana banjir yang terjadi di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Kemudian membangun kesadaran masyarakat terhadap mitigasi bencana sebagai upaya pengurangan dampak dan risiko akibat bencana banjir. Pembangunan kesadaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan menurunkan tingkat kerentanan masyarakat dalam menghadapi bencana. Adapun fokus masalah yang dirumusakan diantaranya: 1) Bagaimana kondisi masyarakat Desa Ngadirejo dalam Mitigasi bencana banjir? 2) Bagaimana Strategi yang tepat untuk pengorganisasian dalam mitigasi bencana? 3) Bagaimana hasil yang dicapai untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam Mitigasi bencana banjir? Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Metode Participatory Action Research (PAR) ini melibatkan peran masyarakat dan kelompok Destana secara aktif dalam merumuskan aksi perubahan. Langkah pertama yang dilakukan membangun kepercayaan di masyarakat, langkah kedua menentukan strategi bersama masyarakat dan kelompok Destana, dan langkah selanjutnya melaksanakan program bersama masyarakat dan kelompok Destana. Strategi pengorganisasian yang digunakan adalah dengan melakukan diskusi dengan masyarakat dan kelompok Destana terkait masalah kebencanaan dan solusi pemecahannya. Dilanjut dengan Melakukan Pendidikan terhadap masyarakat tentang mitigasi bencana banjir sebagai awal proses penyadaran yang disertai dengan penyebaran dan penempelan poster kebencanaan. Hasil pengorganisasian dapat dilihat melalui adanya perubahan di masyarakat, diantaranya yaitu: 1) Masyarakat sadar akan dampak dan risiko akibat bencana banjir, 2) Masyarakat paham tentang proses mitigasi bencana banjir 3) pemerintah desa dan kelompok Destana sepakat akan lebih fokus terhadap bencana banjir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujahidin, Moh. IqbalMujahidin714@gmail.comB92215054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad MurtafiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mujahidin Moh. Iqbal
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:51
Last Modified: 13 Aug 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34790

Actions (login required)

View Item View Item