Pendampingan Masyarakat Dalam Mewujudkan Rumah Sehat di Dusun Klitih Desa Randegansari Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chrisanto, Harun Al Hakim (2019) Pendampingan Masyarakat Dalam Mewujudkan Rumah Sehat di Dusun Klitih Desa Randegansari Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
HARUN ALHAKIM CHRISANTO_B92215073.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembahasan skripsi kali ini berisi tentang pendampingan masyarakat dalam mewujudkan rumah sehat di Dusun Klitih Desa Randegansari, orientasi dari penelitian ini adalah masyarakat dapat mengetahui aset yang mereka miliki, serta dapat memanfaatkan aset, terlebih masyarakat Dusun Klitih dapat mewujudkan rumah sehat dari kelompok Jamaah Tahlil Ibu- Ibu sebagai pemicu perubahan. Bagaimana kondisi lingkungan sehat yang ada di Dusun Klitih?, Bagaimana strategi yang tepat dalam pendampingan untuk mewujudkan rumah sehat?, Bagaimana tingkat keberhasilan yang diperoleh dengan strategi yang digunakan? ABCD (Asset Based Community Development) metode yang digunakan mengetahui aset serta mengoptimalkan, dengan berbagai langkah yang harus dilalui, mulai masuk komunitas, inkulturasi, discovery, dream, design, define, destiny, monitoring dan evaluasi. Hasil pendampingan mengenai rumah sehat kali adanya hasil perubahan pada masyarakat, diantaranya: 1) Masyarakat dapat memahami dan mengetahui apa saja syarat terwujudnya rumah sehat, 2), Masyarkat mempunyai usaha dalam merencanakan program mengenai rumah sehat, 3) Pemerintah dusun menjadi berperan menjadi monitoring jamaah tahlil sebagai pemicu perubahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chrisanto, Harun Al Hakimhakiemharun@gmail.comB92215073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDChrisanto, Harun Al Hakimhakiemharun@gmail.comB92215073
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pendampingan : Rumah Sehat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Chrisanto Harun Al Hakim
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:23
Last Modified: 13 Aug 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34792

Actions (login required)

View Item View Item