Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Melalui Penerapan Standarisasi Higiene dan Sanitasi Makanan Menurut Prespektif Halalan Thayyiban di Tenggilis Mejoyo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awaluddin, Atok (2019) Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Melalui Penerapan Standarisasi Higiene dan Sanitasi Makanan Menurut Prespektif Halalan Thayyiban di Tenggilis Mejoyo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atok Awaluddin_B92215066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kurangnya pemahaman pedagang kaki lima tentang pentingnya untuk memperhatikan higiene dan sanitasi makanan yang ada di Kampung Tenggilis Mejoyo. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman pedagang untuk pentingnya menjaga higiene dan sanitasi makanan. Adapun fokus masalah yang dirumusakan diantaranya: 1) Apakah penerapan higiene dan sanitasi makanan sudah dilakukan sesuai dengan standar oleh pedagang kaki lima di Tenggilis Mejoyo?, 2) Bagaiamana cara menerapkan higiene dan sanitasi makanan pada pedagang kaki lima di Tenggilis Mejoyo?. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode PAR (Participatory Action Research) dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dalam prosesnya. Langkah pertama yang dilakukan membangun kepercayaan di masyarakat, langkah kedua menentukan strategi bersama masyarakat, dan langkah ketiga membangun kesepakatan bersama masyarakat sampai terwujudnya perencanaan aksi. Strategi pengorganisasian yang digunakan adalah 1) melakukan kampanye untuk membangun kesadaran PKL tentang penerapan higiene dan sanitasi makanan, 2) Aksi pemberian buku saku kepada pedagang kaki lima, 3) Penempelan poster higiene dan sanitasi makanan pada PKL. Hasil pengorganisasian dapat dilihat melalui adanya perubahan di lingkungan pedagang kaki lima, diantaarnya: 1) pedagang kaki lima sedikit demi sedikit sudah menerapkan higiene dan sanitasi makanan dan sudah di lakukan sesuai dengan standarisasi, , 2) dengan adanya poster yang tertempel dan diberikannya buku saku, pedagang kaki lima menerapkan higiene dan sanitasi makana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awaluddin, AtokAtokawaluddin27@gmail.comB92215066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id197906302006041001
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pengorganisasian; Higiene Dan Sanitasi Makanan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Awaluddin Atok
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:05
Last Modified: 13 Aug 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34793

Actions (login required)

View Item View Item