Strategi Menciptakan Lingkungan Sehat Melalui Edukasi Sadar Sampah Di Desa Banggle Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliana, Irma (2019) Strategi Menciptakan Lingkungan Sehat Melalui Edukasi Sadar Sampah Di Desa Banggle Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Yuliana_B92215052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permasalahan lingkungan yang terjadi di Desa Banggle Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk . Mulai dari masyarakat yang membakar sampah di pekarangan rumah, membuang sampah di sungai, kurangnya fasilitas gorong-gorong yang diberikan pemerintah desa, serta kurangnya edukasi lingkungan kepada masyarakat. Adapun fokus masalah yang dirumusakan diantaranya: 1) Bagaimana upaya atau strategi penyadaran masyarakat tentang perilaku membuang sampah sembarangan?, 2) Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan di masyarakat?, 3) Bagaimana kebijakan pemerintah desa dalam menanggulangi permasalahan tersebut?. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode PAR (Participatory Action Research) dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dalam prosesnya. Langkah pertama yang dilakukan membangun kepercayaan di masyarakat, langkah kedua menentukan strategi bersama masyarakat, dan langkah ketiga membangun kesepakatan bersama masyarakat sampai terwujudnya perencanaan aksi.Hasil pengorganisasian dapat dilihat melalui adanya perubahan di masyarakat, diantaarnya: 1) Masyarakat memiliki pemahaman tentang lingkungan sehat, 2) masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak lagi membuang sampah di sungai, 3) dan pemerintah desa mencukupi fasilitas gorong- gorong untuk masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliana, IrmaIrmayuliana673@gmail.comB92215052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id197906302006041001
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: pengorganisasian; lingkungan sehat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuliana Irma
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:56
Last Modified: 13 Aug 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34794

Actions (login required)

View Item View Item