Pengorganisasian Gerakan Perempuan Sadar Lingkungan melalui Program Bank Sampah Di Desa Wadeng Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suudiyah, Eliga Aizzatus (2019) Pengorganisasian Gerakan Perempuan Sadar Lingkungan melalui Program Bank Sampah Di Desa Wadeng Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eliga Aizzatus Suudiyah_B92215048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengorganisasian gerakan permpuan sadar lingkungan melalui program Bank Sampah di Desa Wadeng Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Menumpuknya sampah dilokasi disebabkan karena kebiasaan sebagian masyarakat Desa Wadeng. Sehingga menimbulkan dampak negatif yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat sendiri serta menimbulkan kerusakan lingkungan. Maka dari itu perlu dilakukan pemahaman menjaga lingkungan sekitar, mengubah cara pandang masyarakat terhadap sampah dan juga menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kebersihan dan pelestarian lingkungan sekitar. Belum adanya pengelolaan dan tidak ada kebijakan mengenai sampah rumah tangga menjadikan sampah menumpuk.Penelitian ini menggunakan metode PAR (Parcipatory Action Reaserch), dalam kegiatan ini peneliti melakukan pendekatan bersama perangkat desa, PKK, serta masyarakat Rw 001 untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang ada disekitarnya. Pendekatan ini digunakan untuk memahami situasi dan kondisi yang ada di desa.Kegiatan ini berfokus pada pengorganisasian kelompok sadar lingkungan atau peduli lingkungan. Yang mana dalam kegiatan ini peneliti menggandeng Ibu- ibu PKK dan warga RW 001 untuk melakukan pengelolaan sampah dengan cara memilah sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik seperti botol bekas air mineral, botol bekas shampoo, plastik bekas minyak goreng, kardus, duplek, alumunium dan sebagainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan dapat mengurangi sampah rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suudiyah, Eliga Aizzatusaizzatus123@gmail.comB92215048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSuudiyah, Eliga Aizzatusaizzatus123@gmail.comB92215048
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pengorganisasian Kelompok; Pengelolaan sampah ; Bank Sampah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Suudiyah Eliga Aizzatus
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:04
Last Modified: 13 Aug 2019 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34795

Actions (login required)

View Item View Item