Penguatan Nilai Lokal Sebagai Upaya Pelestarian Sumber Mata Air Di Desa Ngroto Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chinsya, Bilqis Amelia Devi (2019) Penguatan Nilai Lokal Sebagai Upaya Pelestarian Sumber Mata Air Di Desa Ngroto Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bilqis Amelia Devi Chinsya_B02215004.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fokus kajian dalam penelitan ini adalah upaya pelestarian sumber mata air. Pelestarian ini berangkat dari kondisi kebutuhan air masyarakat. Dimana desa yang terletak di lereng Gunung Argopuro dan sebagian wilayah dikelilingi oleh hutan lindung. Namun dalam kasus ini, justru Desa Ngroto mengalami kondisi kekeringan setiap tahunnya. Setiap tahun durasi kondisi kekeringan desa mengalami peningkatan. Hal ini berangkat dari hasil wawancara dan fgd bersama masyarakat. Kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) menjadi kelompok yang melakukan gerakan awal dalam upaya pelestarian sumber mata air.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode paticipatory action research. Dimana partisipasi masyarakat menjadi poin penting dalam proses perubahan. Sehingga dakwah bil hal menjadi strategi metode dakwah dalam pendekatan islam. Berangkat dari tingkat pendidikan dan mayoritas pendidikan yang dimiliki oleh masyarakat yakni pesantren.Penyelamatan sumber mata air dilakukan dengan penanaman pohon. Namun sebelumnya dilakukan diskusi air dan pengajian sebagai media aksi penyadaran dan promosi program. Tujuan dari penelitian ini adalah penyadaran sebab akan kondisi kekeringan desa. Kemudian, adanya kesadaran akan tindakan yang harus diambil dalam kondisi tersebut. Selain itu, dapat memanfaatkan nilai lokal sebagai upaya kemaslahatan umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chinsya, Bilqis Amelia Devibilqishaechi@gmail.comB02215004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDChinsya, Bilqis Amelia Devibilqishaechi@gmail.comB02215004
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Penguatan, Pelestarian, Sumber Mata Air
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Chinsya Bilqis Amelia Devi
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:53
Last Modified: 13 Aug 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34797

Actions (login required)

View Item View Item