Nilai-Nilai Kitab Targhib wa Tarhib untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Wajib Mahasiswa Ikami Sulawesi-Selatan UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Hidayatullah (2019) Nilai-Nilai Kitab Targhib wa Tarhib untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Wajib Mahasiswa Ikami Sulawesi-Selatan UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatullah_B53215046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masa transisi antara Sekolah Menengah Atas (SMA) ke bangku perkuliahan adalah masa seorang individu khususnya muslim harus memiliki keseimbangan dan keterampilan jasmani dan rohani dalam kehidupan, namun yang terpenuhi hanyalah jasmani saja, sehingga potensi besar yang akan terjadi adalah ketimpangan dan ketidakseimbangan hidup yang bisa jadi berdampak negatif pada perilaku serta kejiwaan. Dengan demikian peneliti menawarkan sebuah konsep hidup yang perlu dipertimbangkan. Penelitian ini membahas tentang kedisiplinan shalat wajib, di mana shalat tak hanya sebatas kewajiban dan tiang agama bagi umat muslim, melainkan memberikan kontribusi positif terhadap keseharian. Penelitian ini bertujuan Pertama, mengetahui penerapan nilai-nilai kitab Targhib wa Tarhib untuk meningkatkan kedisiplinan shalat wajib mahasiswa. Kedua, mengaplikasikan nilai-nilai kitab Targhib wa Tarhib untuk meningkatkan kedisiplinan shalat wajib mahasiswa. Peneliti menggunakan metode true experiment, one-group pretest-posttest design untuk menjawab tujuan penelitian di atas. Selain itu, penelitian ini menggunakan tahap-tahap konseling, yaitu identifikasi, diagnosis, prognosis, treatment, serta evaluasi dan follow up. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner yang telah disediakan serta wawancara secara lisan untuk memperoleh data. Pada proses treatment peneliti menggunakan media/aplikasi basis android sebagai akses cepat untuk membaca dan memahami kandungan nilai-nilai kitab Targhib wa Tarhib. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa hasil yaitu Pertama, pada uji paired sample statistic, data pre-test (nilai 46.000) dan pos-test (nilai 80.800) yang dikelola, menunjukkan bahwa adanya peningktan kedisiplinan shalat wajib pada mahasiswa. Kedua, pada uji Paired Sample t-Test terdapat signifikansi nilai sebesar 0,000 < 0,05 maka kesimpulan yang diambil adalah Ha diterima yaitu terdapat peningkatan kedisiplinan shalat wajib yang signifikan setelah penerapan nilai-nilai kedisiplinan shalat wajib mahasiswa IKAMI Sulawesi UIN Sunan Ampel Surabaya. Ketiga, Peneliti menemukan perubahan (1) semangat baru untuk melaksanakan kewajiban shalat, (2) niat untuk istiqamah dalam melaksanakan shalat wajib, (3) pengetahuan bertambah saat pelaksanaan treatment, (4) selama proses penelitian, peserta sangat disiplin dalam shalat wajib, sehingga hal ini dapat berdampak positif kedepannya perihal kedisiplinan, serta menjadi acuan suksesnya treatment yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, HidayatullahBanirajja17@gmail.comB53215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd.UNSPECIFIED196009011990031002
Subjects: Agama
Akhlak
Adab
Ibadah
Keywords: Nilai-nilai kitab Targhib wa Tarhib; kedisiplinan shalat wajib; true experiment.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:47
Last Modified: 13 Aug 2019 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34799

Actions (login required)

View Item View Item