Pengembangan Sikap Spiritual melalui Budaya Sekolah: Studi Kasus di SDIT Ar Ruhul Jadid dan SDIT Al Ummah Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlilah, Nur (2019) Pengembangan Sikap Spiritual melalui Budaya Sekolah: Studi Kasus di SDIT Ar Ruhul Jadid dan SDIT Al Ummah Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fadlilah_F52317378.pdf

Download (2MB)

Abstract

Derasnya arus globalisasi dan teknologi informasi di samping memberikan dampak positif juga menimbulkan dampak negatif. Salah satunya adalah fakta degradasi karakter generasi bangsa yang tak kunjung selesai. Hal ini membutuhkan respon yang sangat serius dari berbagai elemen utamanya dari kalangan pendidikan selaku teknisi moral dan budi pekerti, tentunya melalui berbagai upaya edukatif sebagai solusi alternatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui budaya sekolah yang ada di SDIT Ar Ruhul Jadid dan SDIT Al Ummah Jombang, 2. Mengetahui bagaimana pengembangan sikap spiritual melalui budaya sekolah di SDIT Ar Ruhul Jadid dan SDIT Al Ummah Jombang, 3. Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan sikap spiritual di SDIT Ar Ruhul Jadid dan SDIT Al Ummah Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tiga metode, yaitu melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1. Budaya sekolah yang di ada di SDIT Ar Ruhul Jadid dan SDIT Al Ummah Jombang adalah budaya Islami terlihat dari tiga wujud budaya yang,meliputi Ide/gagasan, Tindakan/perilaku dan Benda/material, 2. Pengembangan sikap spiritual melalui budaya sekolah dilakukan dengan cara pemahaman, keteladanan, nasihat/arahan, dan pembiasaan, 3. Faktor pendukung pengembangan sikap spiritual melalui budaya sekolah adalah lingkungan sekolah, warga sekolah dan sarana. Faktor penghambatnya adalah SDM guru dan kerjasama wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlilah, Nurhumaid.pasca@gmail.comF52317378
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, HanunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlilah Nur
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:56
Last Modified: 13 Aug 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34800

Actions (login required)

View Item View Item