Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI Kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uminasih, Uminasih (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI Kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Uminasih_F52317383.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak masalah yang dihadapai dunia pendidikan selama ini kususnya pelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satunya fakta kesulitan belajar yang tidak jarang dialami oleh anak didik. Kesulitan belajar ini memiliki efek yang cukup serius terhadap siswa, hal ini bisa dilihat dari motivasi dan prestasi hasil belajar mereka yang masih cenderung rendah. Ada banyak faktor yang mengindikasikan kesulitan belajar tersebut, adapun faktor yang dirasa dominan adalah pemilahan dan menggunakan metode maupun model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk. 2. Untuk mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk. 3. Untuk menemukan efektifitas pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) level 2, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode, yaitu melalui tes, observasi, interview, dokumentasi, angket. Tekni analisis data yang dipakai paired t-test menggunakan spss. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1. Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk, yaitu meliputi pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar siswa 68,75 meningkat menjadi 91,2, nilai prestasi belajar siswa kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk meningkat, 2. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) kelas X SMA PGRI Pace Nganjuk yaitu aktivitas siswa bertambah aktif dalam berdiskusi, 3. Efektivitas pembelajaran dengan pembelajaran model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) efektif karena diskusi kelompok siswa semakin bertambah aktif dan motivasi siswa juga meningkat menjadi 91,2, dan nilai siswapun juga meningkat dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uminasih, Uminasihasih.sumatrabarat@gmail.comF52317383
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, HisbullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Student Teams Achievement Divisions; STAD
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uminasih Uminasih
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:20
Last Modified: 14 Aug 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34802

Actions (login required)

View Item View Item