Implementasi Konsep Pengentasan Kemiskinan Dalam Perspektif Islam Di Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitaloka, Fillah (2019) Implementasi Konsep Pengentasan Kemiskinan Dalam Perspektif Islam Di Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fillah Fitaloka_G04215013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Konsep Pengentasan Kemiskinan dalam Perspektif Islam di Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana konsep Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri dalam melakukan pengentasan kemiskinan serta menganalisis prosesnya dalam perspektif Islam. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung dengan informan, dalam penelitian ini yaitu pihak manajemen Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri serta didukung dengan sumber-sumber referensi sekunder yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Wakaf Mikro (BWM) merupakan salah satu Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang melakukan pemberdayaan masyarakat miskin produktif melalui pendampingan dan pembiayaan mikro tanpa agunan dengan menggunakan dana wakaf tunai. Adapun BWM memiliki karakteristik non deposit taking, yakni tidak mengelola dana masyarakat, baik berupa simpanan, tabungan, deposito dan produk sejenisnya. BWM Al-Fithrah Wava Mandiri memiliki program pengentasan kemiskinan berupa pembiayaan melalui mekanisme pembentukan Kelompok Usaha Masyarakat Pesantren Indonesia (KUMPI) dan pendampingan usaha dengan pembentukan aktivitas kelompok berupa Halaqoh Mingguan (Halmi) yang meliputi pendidikan keagamaan, pengembangan usaha, dan manajemen ekonomi keluarga. Program pengentasan kemiskinan oleh BWM Al-Fithrah Wava Mandiri ini sangat sesuai dengan program pengentasan kemiskinan dalam Islam. Dimana dalam programnya, BWM Al Fithrah Wava Mandiri melakukan kegiatan yang tak hanya “memberi ikan, melainkan memberi kail” dengan membangun kesadaran kolektif pemberantasan kemiskinan bersama masyarakat QS. al-Ruum ayat 38 dan QS. al-Baqarah 245. Program pengentasan yang berupa pemberian pembiayaan dan pendampingan usaha tersebut juga membangkitkan etos kerja individu dalam pengentasan kemiskinan sesuai dengan QS. al-Jumuah ayat 10.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitaloka, Fillahfitaloka27@gmail.comG04215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.com197608132006042002
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Bank Wakaf Mikro; Pengentasan Kemiskinan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitaloka Fillah
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:34
Last Modified: 13 Aug 2019 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34804

Actions (login required)

View Item View Item