Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Modelling untuk meningkatkan perilaku adaptif anak Tuna Grahita di SD Negeri Bendul Merisi 408 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almediyah, Sholikhatin Nur (2019) Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Modelling untuk meningkatkan perilaku adaptif anak Tuna Grahita di SD Negeri Bendul Merisi 408 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholikhatin Nur Almediyah_B93215085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses bimbingan konseling Islam dengan teknik modelling untuk meningkatkan perilaku adaptif anak tuna grahita?, (2) Bagaimana hasil bimbingan konseling Islam dengan teknik modelling untuk meningkatkan perilaku adaptif anak tuna grahita? Menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan observasi kepada konseli dan informan, hasil tersebut disajikan pada bab penyajian data yang berguna untuk mengetahui keadaan dan perubahan yang terjadi pada anak tuna grahita dalam tingkat melakukan perilaku adaptif untuk kehidupan sehari-hari. Dalam proses konseling yang terjadi menggunakan bimbingan konseling Islam dengan teknik modelling, konseli akan di bantu konselor untuk mencontoh perilaku yang lebih lebih teratur ketika melakukan perilaku adaptif meliputi komunikasi, bina diri, keterampilan sosial, dan fungsi kognitif. Hasil akhir dari proses bimbingan konseling Islam dalam penelitian ini berhasil dengan presentasi 75% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku adaptif dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkat lebih teratur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almediyah, Sholikhatin NurUNSPECIFIEDB93215085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMohamad Thohir, M.Pd.I., Thohirmohamadthohirbki@gmail.com197905172009011007
Subjects: Bimbingan Konseling
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Teknik Modelling; Perilaku Adaptif; Anak Tuna Grahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Almediyah Sholikhatin Nur
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:46
Last Modified: 13 Aug 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34812

Actions (login required)

View Item View Item