Analisis Efisiensi pada Implementasi Fintech dalam E-Zakat sebagai Strategi Penghimpunan Dana Zakat oleh Lazizmu dan Nurul Hayat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fathimatuz (2019) Analisis Efisiensi pada Implementasi Fintech dalam E-Zakat sebagai Strategi Penghimpunan Dana Zakat oleh Lazizmu dan Nurul Hayat. Masters thesis, univeristas islam negeri sunan ampel.

[img] Text
Fathimatuz Zahroh F12417322.pdf

Download (2MB)

Abstract

Suatu lembaga mampu menjalakan suatu sistem atau metode untuk mendukung strategi yang diterapkan, tentu memiliki beberapa unsur. e-zakat adalah terobosan baru dalam metode penghimpunan dana zakat, hal ini tidak hanya saja menjadi sebuah metode tetapi juga sebagai salah satu strategi peningkatan penghimpunan dana zakat. Penggunaan e-zakat merupakan sistem jaringan yang menggunakan teknologi tinggi (high-tech). E-zakat memberikan kemudahan kepada muzzaki dalam pembayaran zakat, dibandingkan membayar langsung secara manual di kantor-kantor atau konter LAZ. Sistem e-zakat menjadikan zakat lebih dekat dengan masyarakat dan generasi Y, karena sistem pembayaran e-zakat digunakan sebagian besar masyarakat. Kinerja amil zakat terlihat lebih profesional dan kepercayaan masyarakat meningkat terhadap hasil kinerja amil zakat.Berdasarkan adanya landasan pemikiran yang tersusun dalam pembahasan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa pokok masalah yang dapat dijadikan obyek kajian dalam pembahasan ini,diantaranya Bagaimana sistem e-zakat yang berlaku pada setiap lembaga amil zakat satu dengan yang lain,Bagaiamana peran e-zakat pada setiap LAZ sebagai salah satu strategi peningkatan penghimpunan dana e-zakat serta Bagaimana faktor pendukung dan faktor kendala yang ada dalam sistem e-zakat pada setiap LAZ. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat. kualitatf yang mana data langsung diambil dari sumber,dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan data dan informasi yang berlandaskan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan mengenai implementasi e-zakat sebagai strategi peningkatan penghimpunan dana zakat.Hasil penelitian ini adalah Sistem E-Zakat di Lembaga Amil Zakat baik Lazizmu maupun Nurul Hayat menggunakan beberapa media dalam menjalankan sistem e-zakat. Peran e-zakat sebagai strategi penghimpun dana zakat oleh lembaga amil zakat di Surabaya adalah memberikan kemudahan, memperluas pasar, memberikan dampak peningkat baik secara nominal pendapatan dana zakat maupun non-material. Faktor pendukung dan Faktor penghalang di lazizmu da nurul hayat mencakup beberapa hal diantaranya kesadaran masyrakat akan tekonologi serta jaringan dan server yang memadai, sedangkan faktor pendukung meliputi beberapa hal diantara salah satunya adalah gangguan teknis pada nomor virtual maupun layanan pada website maupun aplikasi yang tersedia.

Kata kunci : e-zakat, fintech

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Fathimatuzazahrahasan27@gmail.comf12417322
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, Prof. Dr. H. A. FaishalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Zakat
Keywords: e-zakat, fintech
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zahroh Fathimatuz
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:30
Last Modified: 14 Aug 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34818

Actions (login required)

View Item View Item