Upaya Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam melalui Media Film: Studi Multikasus Film Upin-Ipin dan Film Dodo-Syamil di MI An Najah I Karduluk Pragaan Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nurul (2019) Upaya Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam melalui Media Film: Studi Multikasus Film Upin-Ipin dan Film Dodo-Syamil di MI An Najah I Karduluk Pragaan Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Jannah_F52317379.pdf

Download (2MB)

Abstract

Derasnya arus globalisasi dan teknologi informasi di samping memberikan dampak positif juga menimbulkan dampak negatif. Salah satunya adalah fakta degradasi karakter generasi bangsa yang tak kunjung selesai. Hal ini membutuhkan respon yang sangat serius dari berbagai elemen utamanya dari kalangan pendidikan selaku teknisi moral dan budi pekerti, tentunya melalui berbagai upaya edukatif sebagai solusi alternatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam film Upin-Ipin dan film Dodo-Syamil. 2. Mengetahui apa saja yang dilakukan oleh pihak MI An-Najah I untuk mengiternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Upin-Ipin dan film Dodo-Syamil dalam upaya membina karakter siswa. 3. Sejauh mana film Upin-Ipin dan film Dodo-Syamil berperan dalam upaya membina karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tiga metode, yaitu melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film kartun Upin-Ipin dan film Dodo Syamil meliputi: nilai pendidikan religius, pendidikan akhlak, pendidikan kecerdasan, pendidikan sosial, pendidikan estetika dan kesehatan. 2) Beberapa upaya yang dilakukan pihak MI An-Najah I adalah melalui strategi penanaman nilai moral, klarifikasi nilai, pembiasaan, keteladanan dan pemberian motivasi. Sedangkan kegiatan yang dilakukan meliputi: kegiatan ramah anak, ramah lingkungan, sambung hati, bakti sosial, bina anak, pembiasaan serta dikir jama’ie. 3) Kedua film kartun ini dinilai banyak memberikan efek yang positif dalam upaya membina karakter siswa. Diantaranya: banyak memberikan pelajaran tentang agama, pendidikan akhlaq, pendidikan sosial dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nuruljanah.fatih@gmail.comF52317379
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, MokhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jannah Nurul
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:44
Last Modified: 14 Aug 2019 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34821

Actions (login required)

View Item View Item