Kemampuan berpikir analitis siswa dalam memecahkan masalah matematika di MI Maarif Pagerwojo Buduran Sidoarjo (studi komparatif siswa gaya kognitif visualizer dan verbalizer)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Viyanti, Pratiwi (2019) Kemampuan berpikir analitis siswa dalam memecahkan masalah matematika di MI Maarif Pagerwojo Buduran Sidoarjo (studi komparatif siswa gaya kognitif visualizer dan verbalizer). Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
PRATIWI VIYANTI_F52A17275.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berpikir analitis merupakan proses memilah dan mengidentifikasi bagian-bagian yang penting dan relevan dari suatu masalah, menentukan strategi penyelesaian, dan menarik kesimpulan dari hasil penyelesaian. Berpikir analitis perlu dilatihkan dan ditingkatkan agar siswa dapat menmecahkan masalah secara tepat dan logis. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang dapat mempengaruhi berpikir analitisnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti adalah 3 siswa bergaya kognitif visualizer dan 3 siswa bergaya kognitif verbalizer berdasarkan angket VVQ. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator berpikir analitis dalam memecahkan masalah berdasarkan tahapan Polya. Hasil penelitian yang didapat adalah kemampuan berpikir analitis siswa visualizer pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan melihat kembali penyelesaian tergolong baik pada semua indikator, kecuali pada indikator menjelaskan keterkaitan antara strategi yang digunakan dengan masalah yang diselesaikan. Kemampuan berpikir analitis siswa verbalizer dalam memecahkan masalah matematika pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan melihat kembali penyelesaian tergolong baik pada semua indikator, kecuali indikator menyimpulkan masalah dan menarik kesimpulan dari hasil penyelesaian. Perbedaan kemampuan berpikir analitis antara siswa gaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam memecahkan masalah matematika terletak pada indikator menyimpulkan masalah, menjelaskan keterkaitan antara strategi yang digunakan dengan masalah yang diselesaikan, dan menarik kesimpulan dari hasil penyelesaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Viyanti, Pratiwip.viyanti@gmail.comF52A17275
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kemampuan berpikir : analitis siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Viyanti Pratiwi
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:47
Last Modified: 14 Aug 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34827

Actions (login required)

View Item View Item