Tafsir Emansipatoris: Telaah Metodologi Double Movement Fazlur Rahman terhadap Ayat-Ayat Perbudakan di dalam Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Zainul (2015) Tafsir Emansipatoris: Telaah Metodologi Double Movement Fazlur Rahman terhadap Ayat-Ayat Perbudakan di dalam Al Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainul Umam_E03210036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Apa yang dimaksud Double Movement dalam pemikiran Fazlur Rahman, Bagaimana model transformasi metode interpretasi al-Qur’an (Double Movement) pada ayat ayat perbudakan di dalam al-Qur’an, Bagaimana respon al-Qur’a>n dengan problem manusia kontemporer seperti pelanggaran HAM dan dehumanisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran al-Qur’an tentang ayat-ayat perbudakan dengan metode Fazlur Rahman double movement, sehingga akan menjadi sebuah penafsiran yang kontemporer dan sesuai dengan permasalahan setiap zaman. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) Jadi, pengumpulan data diperoleh dengan mengkaji ayat al-Qur’an dan dibantu dengan kitab-kitab tafsir, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode double movement Fazlur Rahman. Penelitian ini dilakukan karena selama ini ayat-ayat tentang perbudakan hanya di tafsirkan sebagai ayat yang terpaku pada tekstualitas dan sejarah turunnya saja yakni memahami teks dengan melihat latar belakang atau penyebab teks itu diturunkan. Maka disini penulis mencoba untuk meneliti dari penafsiran tentang ayat-ayat perbudakan ini untuk lebih dikaji dengan menggunakan pisau analisis pemikiran Fazlur Rahman yaitu double movement sehingga akan menjadi sebuah penafsiran yang segar dan efektif kembali. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mengkaji ayat-ayat perbudakan dalam al-Qur’an dalam beberapa kitab tafsir kemudian menggunakan Double Movement Fazlur Rahman sebagai teori untuk memberikan penafsiran yang hidup sesuai zaman saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, ZainulZaimulumam813@gmail.comE03210036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBillah, MutamakkinUNSPECIFIED197709192009011007
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Adat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zainul Umam Umam
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:32
Last Modified: 13 Aug 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34834

Actions (login required)

View Item View Item