Karakteristik penafsiran kitab Al-Tafsir Al-Rahib: studi Epistemologi Irfani surat Al-Fatihah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anis, Silfyyati (2019) Karakteristik penafsiran kitab Al-Tafsir Al-Rahib: studi Epistemologi Irfani surat Al-Fatihah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Anis Silfiyyati_E93215091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alquran merupakan sumber argumentasi umat manusia yang s}oh}ihun li kulli zaman wa makan. Tetapi argumentasi Alquran tidak dapat langsung tersampaikan kepada seluruh umat, karena Alquran perlu disajikan dengan bentuk penafsiran dan bukti-bukti yang nyata. Maka dari itulah penafsiran Alquran selalu mengalami pembaruan (Mutajaddid) sesuai dengan anggapan adanya pengaruh masa dan tempat terhadap suatu karya tafsir. Karakteristik penafsiran merupakan komponen internal yang penting dalam menafsirkan Alquran. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitihan adalah kitab al-Tafsir al-Rahib atas surat al-Fatihah. Kitab ini disahkan pada tahun 2004, di daerah Syiriah-Damaskus oleh seorang ulama besar dan mursyid thariqah Naqsabandiyah yaitu Rajab Subhi Dieb. penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah yang diangkat, yaitu : 1) bagaimana corak penafsiran kitab al-Tafsir al-Rahib pada surat al-Fatihah? 2) Bagaimana validitas kitab al-Tafsir al-Rahib pada surat al-Fatihah dengan menggunakan kacamata epistemologi irfani? Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun jenis penelitiannya dalah library research. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi sumber priimer adalah kitab al-Tafsir al-Rahib untuk menjawab semua permasalahan yang ada. Sedangkan dalam analisis data, penelitian ini menggunakan deskriptif-analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa kitab al-Tafsir al- Rahib pada surat al-Fatihah ini jauh dari kesan tafsir sufi-falsafi. Terapan gaya sufistik dalam penafsiran Rajab Dieb pada surat al-Fatihah tidak datang dengan sendirinya, namun berdasarkan pengalaman pribadinya dalam dunia tasawuf. selain itu kitab al-Tafsir al-Rahib ini tidak menafikan pemahaman Alquran melalui linguistiknya. Surat al-Fatihah dalam kitab al-Tafsir al-Rahib dikupas dari segi bahasa, tetap merujuk pada Alquran dan hadis sebagi sumber penafsiran. Sedangkan validitas kitab al-Tafsir al-Rahib atas surat al-Fatihah dari aspek sufistik dengan menggunakan teori koherensi, dan korespondensi belum valid. Hal ini dikarenakan, Rajab dieb tidak konsisten dalam menggunakan pendekatan tafsir corak sufistik pada surat al-Fatihah. Secara kesuluruhan kitab ini memang menggunakan pendekatan sufistik, yang tidak dapat dibenarkan dengan teori korespondensi, namun jika dari aspek sains dapat dibenarkan. Teori pragmatis, kitab al-Tafsir al-Rahib dapat menjawab kebenarannya. Surat al-Fatihah pada kitab ini merupakan karya tasfir sufi-isyari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anis, Silfyyatianis10021996@gmail.comE93215091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzaiyyanah MutasimUNSPECIFIED195812311997032001
Thesis advisorYardho, MohammadUNSPECIFIED198506102015031006
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Karakteristik Penafsiran; al-Tafsir al-Rahib; Epistemologi Irfani; al-Fatihah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Silfyyati Anis
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:19
Last Modified: 16 Aug 2019 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34835

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item