Analisis Hukum Islam terhadap jual beli Musang di Desa Ngasinan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musaiyana, Musaiyana (2019) Analisis Hukum Islam terhadap jual beli Musang di Desa Ngasinan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musaiyana_C02215050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Musang di Desa Ngasinan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang” ini merupakan hasil panelitian lapangan untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana praktik jual beli musang di Desa Ngasinan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli musang di Desa Ngasinan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diperoleh dari lapangan dan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan mendeskripsikan data menggunakan alur pola fikir deduktif, dalam hal ini dapat mengetahui praktik jual beli musang di Desa Ngasinan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang dan menganalisis mas}lahah mursalah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, praktik jual beli musang dilakukan oleh Bapak Mulyadi sebagai distributor. Musang yang dijual adalah musang mati dengan harga yang beragam sesuai jenis dan ukurannya. Adapun motif pembelian bermacam-macam ada yang digunakan sebagai pengobatan penyakit kulit dan asma dengan cara dikonsumsi sebagai bahan makanan. kedua, praktik jual beli musang di Desa Ngasinan pada dasarnya tidak diperbolehkan karena obyeknya adalah musang mati (bangkai). Akan tetapi berdasarkan analisis mas}lah}ah mursalah praktik jual beli musang mati di Desa Ngasinan diperbolehkan hanya jika digunakan untuk pengobatan, karena terdapat unsur mas}lah}ah (manfaat) di masyarakat Desa Ngasinan kecamatan kragan kabupaten rembang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan kepada pihak penjual seharusnya hanya menjual musang kepada pembeli yang akan menggunakannya sebagai bahan obat dan bagi pihak pembeli (konsumen) hendaknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, meskipun untuk pengobatan akan lebih baiknya tetap mempertimbangkan halal tidaknya makanan tersebut menurut syariah Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musaiyana, Musaiyanamozazana03@gmail.comC02215050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlum, FahrurUNSPECIFIED1972090620071010003
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Musang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Musaiyana Musaiyana
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:07
Last Modified: 13 Aug 2019 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34841

Actions (login required)

View Item View Item