Studi Hubungan Kualitas Perairan dengan Tingkat Kelimpahan dan Keanekaragaman Makrobentos di Ekosistem Mangrove Pantai Bahak, Tongas, Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Sayyidatul (2019) Studi Hubungan Kualitas Perairan dengan Tingkat Kelimpahan dan Keanekaragaman Makrobentos di Ekosistem Mangrove Pantai Bahak, Tongas, Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidatul Khoiriyah_H74215032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan kualitas perairan dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya limbah dari kegiatan pertambakan, persawahan dan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas perairan dengan tingkat kelimpahan dan keanekaragaman makrobentos di ekosistem mangrove Pantai Bahak Tongas Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penentuan stasiun penelitian ini adalah purposive sampling. Stasiun penelitian terbagi menjadi 3 yaitu stasiun 1 beradadi ekosistem mangrove tambak, stasiun 2 berada di ekosistem mangrove muara sungai dan stasiun 3 berada di ekosistem mangrove pantai. Pengambilan data meliputi pengambilan sampel makrobentos, pengukuran kualitas perairan dan sedimen serta kerapatan dan tutupan mangrove. Pengambilan sampel makrobentos menggunakan plot ukuran 1m x 1m. Untuk mengetahui hubungan kualitas perairan dengan tingkat kelimpahan dan keanekaragaman makrobentos digunakan Principal Component Analysis (PCA). Hasil pengukuran parameter perairan menunjukkan nilai DO kurang dari baku mutu. Nilai nitrat bernilai 2-3 mg/l dan fosfat bernilai 0,02-0,03 yang melebihi baku mutu. Nilai kelimpahan makrobentos berkisar antara 49-55 Ind/m2 dan indeks keanekaragaman bernilai 0,58-1,4. Hasil analisis hubungan kualitas perairan dengan tingkat kelimpahan menunjukkan bahwa DO, nitrat dan fosfat memiliki tingkat korelasi sedang positif, parameter suhu dan salinitas memiliki tingkatkorelasi sedang negatif, sedangkan parameter pH memiliki tingkat korelasi kuat negatif. Hasil analisis hubungan kualitas perairan dengan tingkat keanekaragaman menunjukkan bahwa suhu, salinitas dan pH memiliki tingkat korelasi positif.DO, fosfat dan nitrat memiliki korelasinegatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Sayyidatulsayyidatulk@gmail.comH74215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Keywords: Kualitas perairan; Makrobentos; Pantai Bahak; PCA
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Khoiriyah Sayyidatul
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:53
Last Modified: 13 Aug 2019 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34845

Actions (login required)

View Item View Item