Pesan Dakwah lagu "Dealova" Opick dalam Album Salam Ya Rasulullah: Analisis Wacana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yurizcha, Alifya (2019) Pesan Dakwah lagu "Dealova" Opick dalam Album Salam Ya Rasulullah: Analisis Wacana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Alifya Yurizcha_B91215046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu “Dealova” karya Opick. Masalah yang difokuskan dalam penelitian ini adalah pesan dakwah yang ada dalam lirik lagu “Dealova”, yakni Apa saja pesan Aqidah yang terdapat dalam lirik lagu “Dealova” karya Opick?, Apa saja pesan Syari’ah yang terdapat dalam lirik lagu “Dealova” karya Opick?, Apa saja pesan Akhlaq yang terdapat dalam lirik lagu “Dealova” karya Opick? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan konten analisis yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa Video Musik Youtube dari Inteam Records, lalu diobservasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapat hasil yang akurat. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana dengan model Teun A. Van Djik. Kesimpulan penelitian ini, bahwa lagu “Dealova” karya Opick mengandung tiga unsur pesan dakwah akidah, syari’ah, dan akhlaq. Pesan akidah adalah mengajak pendengar agar percaya serta memperdalam rindu kepada Rasulullah SAW. Pesan syari’ah adalah mengajak pendengar untuk meneladani sosok Rasulullah yang telah berjuang sepenuh hati pada zamannya, sekaligus melaksanakan ajaran yang telah beliau ajarkan untuk umatnya. Pesan akhlaq dalam lagu ini adalah senantiasa memuji Rasulullah di manapun kita berada karena itu merupakan salah satu bentuk akhlaqul karimah yang seharusnya dilakukan oleh seseorang. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya agar bisa mengembangkan lebih dalam mengenai penelitian analisis wacana model Teun A. Van Dijk pada pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yurizcha, Alifyaalifyayurizcha@gmail.comB91215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAS, Sunartonarto_as@yahoo.com195912261991031001
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Dealova; Opick
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yurizcha Alifya
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:54
Last Modified: 14 Aug 2019 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34846

Actions (login required)

View Item View Item