Peran kepemimpinan kiai dalam menjaga budaya Salaf: studi multisitus di Pondok Pesantren Langitan, Tuban dan Al Anwar, Rembang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latif, Abdul (2019) Peran kepemimpinan kiai dalam menjaga budaya Salaf: studi multisitus di Pondok Pesantren Langitan, Tuban dan Al Anwar, Rembang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Latif_F12317278.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang peran kepemimpinan kiai dalam menjaga budaya salaf (studi multi situs di Pondok Pesantren Langitan, Tuban dan Pondok Pesanten Al Anwar, Rembang). Adapun rumusan masalah pada tesis ini adalah: 1) Bagaimanan kepemimpinan kiai di Pondok Pesantren Langitan, Tuban dan Pondok Pesanten Al Anwar, Rembang ; 2) Bagaimana peran kepemimpinan kiai di Pondok Pesantren Langitan, Tuban dan Pondok Pesanten Al Anwar, Rembang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara itu, dilihat dari teknik penyajian data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan peran kepemimpinan kiai dalam menjaga budaya salaf di Pondok Pesantren Langitan, Tuban dan Pondok Pesanten Al Anwar, Rembang meliputi; 1) Gaya kepemimpinan kiai di Pondok Pesantren Langitan, Tuban dan Pondok Pesanten Al Anwar, Sarang bersifat kolektif atau kepemimpinan institusional; 2) Peran kepemimpinan kiai dalam menjaga budaya salaf meliputi: a) Pemberian keteladanan, b) pembentukan organisasi, c) penerbitan peraturan-peraturan pondok, d) pemberian wejanga-wejangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latif, Abdulabdul.latif17278@gmail.comF12317278
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Latif Abdul
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:37
Last Modified: 18 Sep 2019 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34847

Actions (login required)

View Item View Item