Pemberdayaan Ibu-Ibu Yasin dan Tahlil "Ishlahul Ummah" dalam mengolah pisang guna meningkatkan perekonomian di Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Amaliatun (2019) Pemberdayaan Ibu-Ibu Yasin dan Tahlil "Ishlahul Ummah" dalam mengolah pisang guna meningkatkan perekonomian di Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amaliatun Ni'mah_B72214016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang memberdayakan ibu – ibu yasin dan tahlil “Ishlahul Ummah” di Desa Morowudi Kecamatan Cerme dalam mengolah pisang di Desa Morowudi. Kurangnya kesadaran masyarakat sekitar dalam memanfaatkan aset yang ada. Sehingga banyak pohon pisang disekitar pemukiman warga dibiarkan hingga tumbuh penyakit yang menyerang pohon – pohon pisang sekitar rumah warga. Dengan ini diharapkan warga sekitar dapat sadar bahwa asset sekitar mereka dapat dimanfaatkan sebagai barang yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan adanya pengolahan pisang ini warga sekitar diharapkan dapat sedikit membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan metode ABCD (asset bassed community development) dimana pada penelitian ini menggunakan penelitian berbasis asset. Dimana metode ini memiliki 5 tahap yaitu discovery, dream, design, define, destiny. Dimana berawal dari cerita sukses masyarakat lalu masyarakat merangkai mimpinya kemudian merancang mau bagaimana kedepannya. Kemudian mewujudkan mimpi tersebut setelah mimpi mereka terwujud mereka memonitoring dan mengevaluasi apa saja kelebihan dan kekurangan dari keinginan-keinginan mereka agar bisa bertahan lama dan lebih baik lagi. Hasil dari pendampingan yang telah dilakukan pendamping dilapangan dengan memanfaatkan aset alam yaitu pisang yang dijadikan keripik pisang yang bernilai jual tinggi, selain itu juga dapat merubah perekonomian masyarakat khususnya ibu-ibu yasin dan tahlil “Ishlahul Ummah”. Dengan adanya pengolahan pisang tersebut ibu-ibu memiliki penghasilan lain selain bertani. Diharapkan pendampingan yang selama ini dilalukan dapat menjadikan ibu-ibu yasin tahlil bisa berdaya dan mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Amaliatunamaliatunnimah25@gmail.comB72214016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, MohUNSPECIFIED197508182000031002
Subjects: Ekonomi
Keywords: pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi, pengolahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ni'mah Amaliatun
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:47
Last Modified: 15 Aug 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34848

Actions (login required)

View Item View Item