Adaptasi Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir di Desa Bambe Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astawa, Kadek Emas Agustina (2019) Adaptasi Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir di Desa Bambe Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kadek Emas Agusti Astawa_B72214030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banjir merupakan fenomena alam yang wajar atau alamiah. Bagian dari siklus yang terjadi secara alamiah. Surabaya, salah satu kota yang mengalami banjir setiap musim penghujan. Namun demikian, banjir harus dikelola dan diwaspadai ketika telah berubah menjadi suatu bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dampak sosial masyarakat terhadap bencana banjir dan strategi adaptasi masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Dusun Kampung Baru Desa Bambe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis interaktif dan Focus Group Discussion (FGD). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan masyarakat Dusun Kampung Baru Desa Bambe mampu beradaptasi terhadap bencana banjir yang terjadi. Adaptasi yang dilakukan masyarakat ini dalam bentuk mampu menerima bencana banjir yang terjadi kejadian yang terjadi setiap tahunnya, masyarakat sudah terbiasa terhadap bencana banjir yang terjadi di wilayah mereka meskipun dampaknya memang telah menganggu kehidupan sehari hari mereka, dan masyarakat memilih bertahan untuk tetap tinggak di wilayah ini meskipun wilayah mereka merupakan wilayah yang rentan banjir. Hal ini dikarenakan factor ekonomi berupa tidak mampunya masyarakat untuk membeli tempat tinggal yang baru serta factor sosial, masyarakat merasa telah nyaman terhadap lingkungan dan tetangga yang ada karena telah tinggal cukup lama. Dampak yang ditimbulkan juga berupa terganggunya aktifitas ekonomi, pendidikan, banyaknya masyarakat yang terkena penyakit akibat banjir, namun hal positifnya adalahnya semakin kuatnya jalinan ikatan masyarakat karena adanya interaksi sosial yang terjadi ketika banjir. Strategi yang ditawarkan guna mengurangi dampak bencana banjir di Dusun Kampung Baru yaitu dengan normalisasi sungai, melakukan sosialisi terhadap penanggulangan bencana banjir, sosialisasi mengenai menjaga lingkungan yang sehat guna mengurangi terjadinya bencana banjir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astawa, Kadek Emas Agustinaastawakadekemas@gmail.comB72214030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries DyahUNSPECIFIED197804192008012014
Subjects: Bencana alam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Astawa Kadek Emas Agustin
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:56
Last Modified: 15 Aug 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34855

Actions (login required)

View Item View Item