Interpretasi ayat-ayat kalam dalam tafsir taj al-muslimin karya kh. Misbah al-Mustafa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wakid, Abd. (2019) Interpretasi ayat-ayat kalam dalam tafsir taj al-muslimin karya kh. Misbah al-Mustafa. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Wakid_F12517334.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Tafsi>r Ta>j al-Muslimi>n adalah salah satu dari sekian banyak kitab tafsir yang bercorak kalam bermadhhab Ash’ariyyah yang tentunya dalam menginterpretasikan ayat-ayat kalam mengikuti penafsiran Ima>m al-Ash’ari>. Namun kenyataannya berbeda. KH. Misbah al-Mustafa selaku penyusun kitab tafsir tersebut menta’wi>l ayat-ayat sifat, seperti kata “Wajhulla>h” diartikan keridlaan Allah, padahal hal ini tidak pernah dilakukan oleh Imam al-Ash’ari, melainkan dilakukan oleh aliran Mu’tazilah. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana interpretasi KH. Mis{ba>h al-Mus}t}afa> terhadap ayat-ayat kalam dalam kitab Tafsi>r Ta>j al-Muslimi>n? 2) Bagaimana Manhaj penafsiran KH. Mis}ba>h al-Mus}t}afa> terhadap ayat-ayat kalam dalam kitab Tafsi>r Ta>j al-Muslimi>n ?Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui penafsiran KH. Mis{ba>h al-Mus}t}afa> terhadap ayat-ayat kalam dan untuk mengetahui manhaj penafsiran beliau terhadap ayat-ayat kalam dalam kitab tafsirnya, yaitu Tafsi>r Ta>j al-Muslimi>n.Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dari sumber-sumber primer dan sekunder dengan menggunakan teknik Content Analysis (analisis isi).Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah dalam menginterpretasikan ayat-ayat kalam, KH. Mis{ba>h al-Mus}t}afa> mengikuti penafsiran Ima>m al-Ash’ari>, kecuali ayat-ayat kalam yang berkaitan dengan sifat-sifat Tuhan. Sedangkan dalam menafsiran ayat-ayat kalam, beliau menggunakan manhaj ta’wi>l, bukan manhaj tafwi>d} sebagaimana yang digunakan Ima>m al-Ash’ari>.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wakid, Abd.abd.wakid14031980@gmail.comF12517334
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, IffahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Interpretasi ayat-ayat kalam
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Wakid Abd.
Date Deposited: 15 Aug 2019 01:46
Last Modified: 15 Aug 2019 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34872

Actions (login required)

View Item View Item