الخبر إعرابه وأنواعه في سورة إبراهيم: دراسة نحوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sinwani, Sinwani (2019) الخبر إعرابه وأنواعه في سورة إبراهيم: دراسة نحوية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinwani_A91215134.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Al-Khabar I’robuhu wa Anwa’uhu dalam surat Ibrahim. Surat ini merupakan salah satu surat di al-Qur’an yang didalamnya memuat cerita tentang orang tua yang sangat penyabar. Dalam surat Ibrahim ini dimulai dengan Khobar yang mubtada’nya terbuang. Maka dari itu, surat ini menarik untuk diteliti. Dalam skripsi ini peneliti memiliki dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana I’rob al-Khobar dalam surat Ibrahim? Dan Apa saja macam-macam Khobar yang terdapat dalam surat Ibrahim? Berdasarkan masalah yang dianalisis, maka peneliti menggunakan teori khobar dari kitab Tajdid an-Nahwi karangan Syauqi Dhoyf dan Jamiud Durus al-Arabiyah karangan Mushthofa al-Gholayayni sebagai pisau analisis. Data dari penelitian ini berupah kata atau jumlah yang terdapat dalam surat Ibrahim. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode analisisnya. Pengumpulan data menggunakan literatur-literatur atau karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini serta mengambil dari data primer maupun data sekunder. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang membahas tentang I’rob al-Khobar dan macam-macam khobar dalam surat Ibrahim. Berdasarkan rumusan masalah di atas, peneliti menemukan 71 khobar yang terdiri dari 26 khobar mufrod, 28 khobar syibhul jumlah, 17 khobar jumlah fi’liyah dan 1 khobar jumlah ismiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sinwani, Sinwanimohsinwani32@gmail.comA91215134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussu'ud, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sinwani Sinwani
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:47
Last Modified: 15 Aug 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34873

Actions (login required)

View Item View Item