Pengorganisasian Masyarakat petani hutan menuju Masyarakat Tangguh Bencana di Dusun Talunongko Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Dhanian (2019) Pengorganisasian Masyarakat petani hutan menuju Masyarakat Tangguh Bencana di Dusun Talunongko Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhanian Fitriani_B92215068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang kerentanan masyarakat petani hutan dalam menghadapi bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kerentanan masyarakat petani hutan, mengetahui proses pengorganisasian masyarakat sebagai upaya dalam menyelesaikan masalah tersebut serta untuk mengetahui relevansi pengembangan masyarakat Islam dengan dakwah pengembangan masyarakat islam. Penelitian dan pendampingan ini menggunakan pendekatan metode Participatipatory Action Research (PAR) dengan melibatkan masyarakat sebagai subyek utama untuk mencapai suatu perubahan sosial secara pastisipatif. Melalui langkah-langkah PAR mulai dari Inkulturasi, membangun hubungan kemanusiaan, melakukan orientasi kawasan, membangun kelompok riset, memahami masalah, merencanakan tindakan pemecahan fokus masalah, mengorganisir komunitas dan mempersiapkan keberlangsungan program, monitoring hingga evaluasi program. Kerentanan masyarakat terhadap bencana longsor dibuktikan dengan minimnya pemahaman tentang bencana longsor mulai dari pengertian bencana itu sendiri, dampak dan cara penanggulangannya mulai dari pra,saat bencana hingga pasca bencana. Selain itu, belum adanya kelompok serta belum adanya kebijakan tentang komunitas tangguh bencana membuat kerentanan masyarakat meningkat. Aksi yang telah dicapai oleh peneliti ialah pendidikan tentang lingkungan dan kebencanaan, membentuk kelompok tangguh bencana dan menyusun draft kebijakan tentang komunitas tangguh bencana. Relevansi dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam ialah pengorganisasian pada masyarakat dimana sebagai upaya untuk mengajak untuk berbuat kebaikan dengan diwujudkan kegiatan-kegiatan yang menguatkan dan mempengaruhi pemikiran mereka agar mereka dapat memunculkan kesadaran yang ada dalam diri mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Dhaniandhanianfit@gmail.comB92215068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.UNSPECIFIED197508182000031002
Subjects: Bencana alam
Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Masyarakat Tangguh Bencana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fitriani Dhanian
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:14
Last Modified: 14 Aug 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34886

Actions (login required)

View Item View Item