Hubungan struktur komunitas Fitoplankton dan kualitas air di perairan Tongas Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Pipit Sandra (2019) Hubungan struktur komunitas Fitoplankton dan kualitas air di perairan Tongas Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
PIPIT SANDRA APRILIA_H74215020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kekeruhan perairan dapat menghambat pertumbuhan plankton yang sangat penting bagi perairan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur komunitas fitoplankton, kualitas air dan hubungan struktur komunitas fitoplankton terhadap kualitas air di perairan Tongas. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Principle Component Analysis (PCA). Principle Component Analysis (PCA) digunakan untuk mengetahui hubungan struktur komunitas fitoplankton dengan kualitas air. Metode penentuan stasiun menggunakan purposive sampling. Terdapat 10 stasiun pengambilan sampel dari 7 desa pesisir Tongas yang mewakili keseluruhan perairan Tongas. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa perairan Tongas didominasi kelas Bacillariophyceae dan Dinophyceae dengan genus Chaetoceros sp., Skeletonema sp. dan Nitzschia sp. paling banyak ditemukan di seluruh stasiun. Nilai kelimpahan berkisar 433 sel/ml-1662 sel/ml, nilai keanekaragaman berkisar 1,45-2,47 dan nilai dominansi berkisar 0,13-0,49. Kualitas air yang ditunjukkan dengan parameter salinitas, pH dan fosfat masih dalam baku mutu KEPMEN LH no. 51 tahun 2004 untuk biota laut, kecuali nitrat, kecerahan, DO dan suhu. Berdasarkan analisis PCA diperoleh hasil kelimpahan fitoplankton di perairan Tongas memiliki hubungan positif dengan nitrat dan fosfat, sedangkan kecerahan dan salinitas memiliki hubungan negatif. keanekaragaman fitoplankton memiliki hubungan positif dengan salinitas. Selanjutnya, dominansi fitoplankton memiliki hubungan positif dengan suhu dan DO. Seluruh hasil analisis menunjukkan tingkat hubungan sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, Pipit Sandrapipitsandra31@gmail.comH74215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gamil.com201409003
Thesis advisorSetiawan, FajarUNSPECIFIED19845062014031001
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Keywords: Fitoplankton, Kelimpahan, Keanekaragaman, Dominansi, Kualitas air, Purposive Sampling, Principle Component Analysis (PCA)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Aprilia Pipit Sandra
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:54
Last Modified: 14 Aug 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34890

Actions (login required)

View Item View Item