Strategi Pembelajaran Seni Baca al-Qur’an: Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidz dan Tilawatil Qur’an Thoyyib Fattah Sukodono Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmati, Maria Ulfa (2019) Strategi Pembelajaran Seni Baca al-Qur’an: Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidz dan Tilawatil Qur’an Thoyyib Fattah Sukodono Ampel Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maria Ulfa Rohmati _F52317083.pdf

Download (1MB)

Abstract

al-Qur’a>n merupakan pedoman bagi manusia dalam menata kehidupannya agar memperoleh kebahagiaan lahir batin di dunia dan di akhirat kelak. Belajar al-Qur’a>n merupakan kewajiban utama bagi setiap mukmin, begitu juga mengajarkan dan mengamalkannya. Terkait membaca al-Qur’a>n, banyak orang yang mengira bahwa mempercepat bacaan al-Qur’a>n dapat mendatangkan lebih banyak pahala, namun meski membaca al-Qur’a>n dinilai sebagai ibadah, namun harus disertai dengan adab yang benar, tartil, serta yang tak kalah penting adalah menghayati makna ayat-ayat yang dibaca. Oleh karenanya penelitian ini mencoba mengungkap strategi pembelajaran seni baca al-Qur’a>n di salah satu pesantren di Surabaya untuk mewujudkan bacaan al-Qur’a>n yang benar dan indah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran seni baca al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz dan Tilawatil Qur’an Thoyyib Fattah. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran seni baca al-Qur’a>n di Pondok Pesantren Tahfidz dan Tilawatil Qur’an Thoyyib Fattah. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang lebih banyak memakai logika serta penjelasan-penjelasan dan data-data dari sumber yang diteliti di lapangan dan juga menggunakan pendekatan kualitatif yang sesuai dan cocok adalah fenomenologis naturalistic. Penelitian dalam pandangan fenomenologi bermakna memahami peristiwa dalam kaitannya dengan orang dalam situasi tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi baca al-Qur’a>n di Pondok Pesantren Thoyyib Fattah menggunakan: 1) Step by Step (selangkah demi selangkah). 2) Musyafahah atau Talaqqi, santri belajar al-Qur’a>n dengan memperhatikan gerak bibir guru untuk mendapatkan pengucapan makhraj yang benar. 3) Penugasan, yakni setiap santri diberikan tugas tertentu sesuai dengan tingkatannya. 4) Demonstrasi atau Praktik, yakni berlatih tampil di depan umum sebelum mengikuti musabaqah. Dengan penerapan strategi tersebut, Pondok Pesantren Thoyyib Fattah dikenal sebagai pesantren penghasil Qari-Qariah hebat yang mampu membaca al-Qur’an dengan indah. Sehingga tidak sedikit dari santrinya berhasil menjadi juara di berbagai event musabaqah tilawat al-Qur’an (MTQ) baik di tingkat kota, provinsi, nasional bahkan sampai internasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmati, Maria Ulfamariarohmati230@gmail.comF52317083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com196912121993031003
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Pembelajaran; Seni baca al-Qur'an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmati Maria Ulfa
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:32
Last Modified: 14 Aug 2019 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34893

Actions (login required)

View Item View Item