Analisis strategi pemasaran pembiayaan Murabahah bagi petani Desa Centini di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fantana, M. Ari (2019) Analisis strategi pemasaran pembiayaan Murabahah bagi petani Desa Centini di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ari Fantana_G74215075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Mura>bahah bagi Petani Desa Centini di BMT Mandiri Sejahtera cabang Babat Lamongan” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana implementasi pembiayaan mura>bahah di BMT Mandiri Sejahtera serta bagaimana analisis strategi pemasaran pembiayaan mura>bahah bagi petani Desa Centini di BMT Mandiri Sejahtera cabang Babat Lamongan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik deskriptif. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pola pikir induktif. Kemudian peneliti menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dengan menggunakan teori-teori kepustakaan tentang strategi pemasaran.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembiayaan mura>bahah yang ada di BMT Mandiri sudah sesuai dengan teori dan fatwa DSN-MUI No.4/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan mura>bahah, dimana dua jenis pembiayaan tersebut yang sudah diterapkan oleh BMT Mandiri Sejahtera yang terdiri dari pembiayaan mura>bahah produktif dan konsumtif. Sehingga memudahkan lima (5) petani Desa Centini untuk mendapatkan modal dengan pembelian barang untuk usaha jangka panjang maupun pendek. Adapun analisis strategi pemasaran pembiayaan mura>bahah bagi petani Desa Centini yang ada di BMT Mandiri Sejahtera dalam segi praktik strategi pemasaran yang diterapkan oleh BMT masih belum sesuai dengan teori yang ada sehingga kurang meratanya pemasaran kepada warga yang ada di desa-desa yang bekerja petani, khususnya pada petani Desa Centini, hanya lima (5) petani yang melakukan pembiayaan di BMT Mandiri Sejahtera dengan pembiayaan mura>bahah yang digunakan, sehingga masih minimnya minat petani Desa Centini untuk melakukan pembiayaan karena minimnya pengetahuan adanya BMT Mandiri Sejahtera yang sudah menyediakan produk pembiayaan mura>bahah yang akan memudahkan petani dalam mendapatkan modal untuk pertanian. Peneliti menyarankan kepada BMT Mandiri Sejahtera cabang Babat Lamongan untuk meningkatkan kualitas produk pembiayaan murabahah yang memudahkan masyarakat sekitar dan warga yang ada di desa-desa untuk menjadikan pilihan utama dalam melakukan dan meningkatkan strategi pemasarannya terutama bagi petani Desa Centini, karena dengan penyampaian pemasaran yang merata maka akan meningkatkan jumlah nasabah dari desa-desa khususnya Desa Centini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fantana, M. Ariari.fantana74@gmail.comG74215075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNur, Hayatibundapijar@gmail.com2027066801
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: murabahah, strategi pemasaran, petani
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fantana M. Ari
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:12
Last Modified: 15 Aug 2019 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34909

Actions (login required)

View Item View Item