الإضافة ومعانيها في سورة الفرقان: دراسة نحوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawahib, Muhammad Khoirul (2019) الإضافة ومعانيها في سورة الفرقان: دراسة نحوية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Khoirul Mawahib_A71215076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Surat Al-Furqan merupakan surat ke 25 dalam urutan surat pada Al-Qur’an, secara bahasa Al-Furqon berarti pembeda, pembeda dari yang haq dan Bathil. Surat Al-Furqon memiliki 77 ayat dan setiap akhir ayatnya memiliki sajak yang indah. Dari sisi nahwu (Idhafah), Al-Furqon memiliki 70 kalimat yang mengandung idhafah. Idhafah yaitu penyandaran suatu kata pada kata lain. Idhafah dibagi menjadi dua macam, idhafah maknawi dan idhafah lafdzi. Makna idhafah juga terbagi dalam 4 kategori, 1. Lamiyah yang memiliki makna kepemilikan ; 2. Bayaniyah yang memiliki makna keterangan ; 3. Dzorfiyah yang memiliki makna tempat atu waktu ; dan 4. Tasybihiyah yang memiliki makna penyerupaan, Setelah membahas seputar surat al-Furqon peneliti menarik 2 rumusan masalah, yaitu yang pertama apa macam idhafah dan yang ke dua apa makna idhafah, dan peneliti melakukan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam Al-Quran Surah Al-Furqon terdapat 70 data, 66 data masuk dalam kategori idhafah maknawi dan 4 data kategori idhafah lafdzi. Sedangkan dari segi maknanya terdapat 34 data lamiyah, 26 data bayaniyah dan 10 data dzorfiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawahib, Muhammad Khoirulmuhamadkhoirulmawahib6@gmail.comA71215078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAqib, KharisuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mawahib Muhamad Khoirul
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:56
Last Modified: 15 Aug 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34919

Actions (login required)

View Item View Item