Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Kinerja Perusahaan: studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmah, Ainur (2019) Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Kinerja Perusahaan: studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rokhmah_G72215028.pdf

Download (836kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Tax Avoidance terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2017” ini merupakan penelitian kuantitif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah terkait pengaruh tax avoidance (penghindaran pajak) terhadap kinerja perusahaan manufaktur yang diproksikan oleh return on assets (ROA). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan bentuk kausal atau sebab-akibat. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS Statistic Version 23. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 97 laporan keuangan perusahaan dari total populasi sebanyak 153 laporan keuangan perusahaan manufaktur pada tahun 2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dengan pengambilan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu mengambil dari situs Bursa Efek Indonesia dan literatur. Hasil penelitian yang diuji melalui uji t atau secara parsial dengan signifikansi 0,011 dan t hitung -2,611 menunjukkan bahwa tax avoidance berpengaruh secara negatif terhadap kinerja perusahaan. Pengujian variabel leverage dengan signifikansi 0,000 dan t hitung -3,765 menunjukkan leverage berpengaruh secara negatif terhadap kinerja perusahaan. Pengujian variabel size dengan signifikansi 0,225 dan nilai t hitungnya 1,222 menunjukkan size tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian yang diuji melalui uji F dengan signifikansi 0,000 dan F hitungnya 8,903 menunjukkan bahwa tax avoidance, leverage dan size berpengaruh secara simultan terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa tax avoidance berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan yang berarti semakin perusahaan menurunkan tindakan tax avoidance maka dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan yang berarti semakin tinggi leverage dapat menurunkan kinerja perusahaan. Namun penelitian ini tidak menemukan pengaruh antara size dengan kinerja perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmah, Ainurainurys@gmail.comG72215028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGati, R.A Vidiavidiagati@uinsby.ac.id197605102007012030
Subjects: Akuntansi
Keywords: Tax Avoidance: Return on Assets; Leverage; Size; Kinerja Perusahaan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Rokhmah Ainur
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:13
Last Modified: 14 Aug 2019 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34966

Actions (login required)

View Item View Item