Jurnalisme Dakwah pada Media Online VOA-Islam.com: analisis isi rubrik berita Dakwah Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meidayanti, Anisah (2019) Jurnalisme Dakwah pada Media Online VOA-Islam.com: analisis isi rubrik berita Dakwah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisah Meidayanti_B21215103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih jauh mengenai karakteristik dan prinsip jurnalisme dakwah pada media online VOA-Islam.com melalui rubrik Berita Dakwah Indonesia. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana karakteristik jurnalisme dakwah pada media online VOA-Islam.com sejauh mana media online VOA-Islam.com mengimplementasikan prinsip jurnalisme dakwah. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian kuantitatif deskriptif melalui studi teks dengan menggunakan metode analisis isi. Menggunakan sampel berita dari rubrik berita dakwah Indonesia yang diunggah pada bulan Maret 2019 sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan ialah simple random sampling (sampel acak sederhana), yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dan memberikan peluang bagi populasi. Peneliti menetapkan 10 berita yang digunakan sebagai sampel yang diambil secara acak dengan metode undi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara karakteristik dan prinsip VOA-Islam.com kurang sesuai dengan konsep jurnalisme dakwah. Karena secara karakteristik terdapat tujuh indikator yang tidak disajikan dengan baik, salah satunya imparsial yang mencapai presentase 80%. Disisi lain, penyajian yang sesuai karakteristik jurnalisme dakwah salah satunya adalah qaulan balighan yang mencapai presentase positif 90%. Secara tujuan, kedua indikator terpenuhi secara baik dengan presentase positif tauhid 80% dan taqwa 90%. Terakhir, mengenai prinsip jurnalisme dakwah, terdapat dua indikator yang tidak ditegakkan yakni keadilan dengan presentase negatif 60% serta truth and truth-telling sebesar 70%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meidayanti, Anisahanisahmeidayanti@gmail.comB21215103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, LukmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Media
Komunikasi Dalam Islam
Jurnalisme
Keywords: VOA-Islam.com; Dakwah Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Meidayanti Anisah
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:45
Last Modified: 14 Aug 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34974

Actions (login required)

View Item View Item